Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas 4 SD Dengan Metode Learning The Actual Object

Sasmito Adi Prawiro, Andjrah Hamzah Irawan
Submission Date: 2012-07-25 10:21:15
Accepted Date: 2012-09-11 00:00:00

Abstract


Perancangan ini diangkat sehubungan dengan kurang maksimalnya  buku panduan yang dipakai dalam proses belajar mengajar disekolah yang ada sekarang, terutama Ilmu Pengetahuan Alam untuk siswa kelas IV SD. Dengan metode ceramah yang digunakan guru-guru pada umumnya  dan menggunakan buku pendamping yang kurang menarik mengkibatkan siswa lemah pada penghafalan dan susah untuk meningat nama-nama ilmiah dalam pelajaran IPA.     Laporan ini dimaksudkan untuk memberikan salah satu solusi pengajaran IPA untuk siswa kelas IV SD dengan cara yang lebih mudah dan menyenangkan. Sedangkan masalah yang dihadapi disini adalah bagaimana merancang media pembelajaran interaktif sebagai salah satu media pembelajaran alternatif pendukung proses belajar mengajar disekolah untuk kelas IV SD yang mudah dipahami secara materi dan memudahkan siswa untuk melihat sesuatu atau objek yang nyata. Metode awal yang digunakan adalah riset pembelajaran eksisting IPA yang sudah ada dari aspek kemudahan penyampaian materi maupun secara tampilan visual yang menarik, hal ini melibatkan berbagai pihak sehingga pengumpulan data pun dibagi dalam beberapa metode yaitu observasi, wawancara mendalam, serta studi pustaka. Dari karakteristik target segmen, AIO, dan aspek pasar maka diperoleh konsep atau metode "learning by seeing the actual object"  sebagai acuan perancangan media pembelajaran interaktif  IPA kelas IV SD. Wujud dari penelitian dan perancangan ini adalah sebuah CD multimedia pembelajaran interaktif. Dari keseluruhan hasil yang dicapai diharapkan memberikan nilai lebih untuk membantu para pendidik dalam memberikan pendidikan IPA yang menarik, menyenangkan dan mudah dipahami untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD.

 


Keywords


Ilmu Pengetahuan Alam; Kelas 4 SD; Interaktif; Belajar dan Bermain

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.