Implementasi Business Intelligence Pada Manajemen Report Bank XYZ

Zaky Nur Husni, Imam Mukhlash
Submission Date: 2014-08-18 15:30:00
Accepted Date: 2014-09-14 00:00:00

Abstract


Seiring dengan perkembangan teknologi informasi membuat persaingan bisnis semakin ketat. Bank XYZ adalah salah satu bank di Indonesia yang memiliki lebih dari 1500 cabang dan menghasilkan data yang berukuran sangat besar tiap bulannya. Dari data tersebut bank XYZ ingin mendapatkan laporan dan informasi untuk pengambilan langkah atau keputusan selanjutnya. Banyaknya data yang ada membuat proses pengambilan informasi berjalan lamban jika dilakukan dengan query standard pada data base. Business intelligence merupakan serangkaian proses untuk mendapatkan informasi dengan mudah dari data yang berukuran besar. Business intelligence tak lepas dari penggunaan data warehouse dan analisis data. Pada penelitian ini dilakukan pembuatan prototype data untuk pembuatan report business growth Bank XYZ berdasarkan struktur dan literatur dari Bank XYZ. Data hasil prototype selanjutnya akan dilakukan pembuatan modul report business growth dengan menggunakan SAS® Enterprise Guide. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis multidimensi pada OLAP(Online Analitycal Processing) serta operasi-operasi yang ada di dalamnya. Aplikasi yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah SAS® Enterprise Guide, salah satu produk unggulan dari PT. SAS Institute. Dengan menggunakan metode analisis multidimensi dan SAS® Enterprise Guide diharapkan akan mampu mempermudah dalam hal management report bank XYZ serta pengambilan informasi yang ada. Hasil dari penelitian ini adalah report business growth funding dan lending pada Bank XYZ.

Keywords


Analisis Multidimensi; Business Intelligence; Data Warehouse; OLAP; SAS® Enterprise Guide

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Sains dan Seni ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/sains_seni.