Peramalan Total Market Sepeda Motor dan Total Penjualan Motor “X” di Propinsi Jawa Timur dengan Pendekatan ARIMA Box-Jenkins dan Autoregressive Integrated Moving Average with Exogenous Input (ARIMAX)

Novita Dwi Rahayuningtyas, Setiawan Setiawan
Submission Date: 2014-08-23 10:36:35
Accepted Date: 2014-09-11 00:00:00

Abstract


Pertumbuhan penduduk di Jawa Timur berdampak pada meningkatnya kebutuhan transportasi. Sepeda motor menjadi pilihan utama dikarenakan lebih murah dan efisien. Tentunya peningkatan penjualan sepeda motor memberikan keuntungan bagi produsen. Di Jawa Timur, distributor utama sepeda motor “X” adalah PT. Y. Penelitian ini bertujuan untuk meramalkan penjualan sepeda motor “X” dan total market sepeda motor di Jawa Timur, sehingga dapat diperkirakan market share penjualan sepeda motor “X” periode berikutnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ARIMA Box-Jenkins dan ARIMAX. Dalam penelitian ini, data yang digunakan yaitu data total market sepeda motor dan penjualan sepeda motor “X” di Jawa Timur. Data terbagi menjadi dua, yaitu in-sample periode Januari 2003 sampai dengan Desember 2013 serta data out-sample periode Januari 2014 sampai dengan Maret 2014. Hasil analisis menunjukkan bahwa model terbaik total market sepeda motor adalah ARIMA (0,1,1)(0,1,1)12, sedangkan penjualan sepeda motor “X” yaitu model ARIMA ([1,13],1,0)(1,1,0)12 dikarenakan memiliki nilai sMAPE terkecil berdasarkan out-sample.

Keywords


ARIMA Box-Jekins; ARIMAX; Total Market

References