Prediksi Penjualan Sepeda Motor Merek 'X' di Kabupaten dan Kotamadya Malang dengan Metode Peramalan Hirarki

Rika Susanti, Destri Susilaningrum, Suhartono Suhartono
Submission Date: 2014-08-24 08:48:12
Accepted Date: 2014-09-14 11:50:42

Abstract


Kabupaten dan Kotamadya Malang merupakan wilayah dengan penjualan sepeda motor merek “X” yang tinggi di Jawa Timur. Sepeda motor merek “X” merupakan motor yang paling diminati masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi penjualan sepeda motor merek “X” di Kabupaten dan Kotamadya Malang dengan menggunakan metode peramalan hierarki. Ada dua pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan top-down dan bottom-up. Pada pemodelan di level 1 dengan pendekatan top-down, diketahui bahwa penjualan tahunan sepeda motor merek “X” di Kabupaten dan Kotamadya Malang masing-masing dipengaruhi oleh Jumlah Penduduk Usia produktif dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) per kapita. Metode peramalan hierarki terbaik untuk memprediksi penjualan sepeda motor merek “X” di Kabupaten Malang adalah dengan pendekatan bottom-up, sedangkan di Kotamadya Malang dengan pendekatan top-down berdasarkan proporsi peramalan (FP) untuk jenis matic, sedangkan untuk jenis cub dan sport masing-masing berdasarkan proporsi data Histori 2 (HP2) dan data Histori 1 (HP1). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penjualan sepeda motor merek “X” jenis cub cenderung menurun, sedangkan penjualan jenis matic dan sport cenderung naik.

Keywords


ARIMAX;Bottom-up;Sepeda Motor Merek “X”;Top-down.

References


A. Budiarto, “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Sepeda Motor di Kota Semarang Studi Kasus PNS Kota Semarang (Tugas Akhir Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang)”, belum dipublikasikan.

Suhartono, M. H. Lee, & N. A Hamzah, “Calendar Variation Model Based On ARIMAX for Forecasting Sales Data With Ramadhan Effect”. Proceedings of the Regional Conference on Statistical Sciences pp. 349-361 (2010).

G. Athanasopoulos, R. A. Ahmed, and R. J. Hyndman, “Hierachical Forecast for Australian Domestic Tourism”. International Journal of Forecasting, Vol. 25 no.1 pp. 146-166 (2009).

P. Kartikasari, “Prediksi Penjualan di Perusahaan Ritel dengan Metode Peramalan Hirarki Berdasarkan Model Variasi Kalender (Tugas Akhir S1 Jurusan Statistika ITS, Surabaya)”, belum dipublikasikan.

N. Draper, dan H. Smith, Analisis Regresi Terapan Edisi kedua. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama (1992).

S. Makridakis, dan M. Hibbon, “The M3-Competition : result, conclussion and implication”. International Journal of Forecasting, Vol. 16 no.1 pp. 451-476 (2000).


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.