Peramalan Penjualan Sepeda Motor Baru Di Area Penjualan Surabaya Dengan Menggunakan Regresi Panel

Zakiyah El Khoiroh Tsani, Dwi Endah Kusrini
Submission Date: 2014-08-24 09:33:09
Accepted Date: 2014-09-14 11:50:42

Abstract


Sepeda motor merupakan salah satu jenis kendaraan darat yang banyak diminati oleh sebagian besar penduduk Indonesia. Salah satu diantaranya yang paling diminati adalah merk S. Penelitian ini bertujuan untuk meramalkan penjualan sepeda motor baru perjenis baik semua merk maupun merk S di area penjualan Surabaya dengan menggunakan regresi panel. Adapun variabel prediktor yang diduga berpengaruh adalah jumlah penduduk usia produktif, PDRB perkapita, IPM, dan laju pertumbuhan ekonomi,  dengan menggunakan uji Chow, Hausman, dan Lagrange Multiplier didapatkan metode estimasi regresi panel. Ketiga uji tersebut pada taraf α=5% menunjukkan bahwa variabel respon YTC, YSC, YSM, YSS diestimasi dengan fixed effect model, variabel YTM diestimasi dengan random effect model, sedangkan variabel YTS diestimasi dengan common effect model. Adapun peramalan dilakukan dengan mensubtitusikan hasil trend analysis atau regresi dummy dari masing-masing variabel prediktor pada model regresi panel yang diperoleh.

Keywords


Penjualan Sepeda Motor Baru;Regresi Panel;Trend Analysis

References


BPS, "http://www.bps.go.id," 2012. [Online]. [Accessed 02 Februari 2014].

Viva News, 2014. [Online]. Available: otomotif.news.viva.co.id. [Accessed 7 Maret 2014].

PT. K, "Data Penjualan Sepeda Motor," Surabaya, 2013.

B. P. Hutapea, "Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Sepeda Motor Yamaha di Kota Medan," Tugas Akhir Universitas Sumatra Utara, Medan, 2012.

B. H. Baltagi, Econometrics Analysis of Panel Data, 3 ed., UK: John Wiley & Sons Ltd, 2005.

D. Gujarati, in Basic Econometrics, The McGraw−Hill, 2004.

A. Widarjono, in Ekonometrika Teori dan Aplikasi Untuk Ekonomi dan Bisnis, Yogyakarja, Ekonosia, 2007.

Setiawan and E. Kusrini, Ekonometrika, Yogyakarta: Andi, 2010.

T. Gilarso, Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro, Yogyakarta: Kanisius, 2001.

Sugiarto, T. Herlambang, Brastoro, R. Sudjana and S. Kelana, Ekonomi Mikro, Jakarta: PT Gramedia Pustaka, 2007.

N. H. Aini, "Analisis Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Konsumsi Masyarakat Jawa Timur," Tugas Akhir UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang, 2012.


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.