Peramalan Penjualan Sepeda Motor Baru Di Area Penjualan Surabaya Dengan Menggunakan Regresi Panel

Zakiyah El Khoiroh Tsani, Dwi Endah Kusrini
Submission Date: 2014-08-24 09:33:09
Accepted Date: 2014-09-14 11:50:42

Abstract


Sepeda motor merupakan salah satu jenis kendaraan darat yang banyak diminati oleh sebagian besar penduduk Indonesia. Salah satu diantaranya yang paling diminati adalah merk S. Penelitian ini bertujuan untuk meramalkan penjualan sepeda motor baru perjenis baik semua merk maupun merk S di area penjualan Surabaya dengan menggunakan regresi panel. Adapun variabel prediktor yang diduga berpengaruh adalah jumlah penduduk usia produktif, PDRB perkapita, IPM, dan laju pertumbuhan ekonomi,  dengan menggunakan uji Chow, Hausman, dan Lagrange Multiplier didapatkan metode estimasi regresi panel. Ketiga uji tersebut pada taraf α=5% menunjukkan bahwa variabel respon YTC, YSC, YSM, YSS diestimasi dengan fixed effect model, variabel YTM diestimasi dengan random effect model, sedangkan variabel YTS diestimasi dengan common effect model. Adapun peramalan dilakukan dengan mensubtitusikan hasil trend analysis atau regresi dummy dari masing-masing variabel prediktor pada model regresi panel yang diperoleh.

Keywords


Penjualan Sepeda Motor Baru;Regresi Panel;Trend Analysis

References