Perencanaan Jumlah Karyawan Operator Central Telephone PT. Semen Indonesia Pabrik Gresik Dengan Workload Analysis

Muhamad Fauzi, Sri Mumpuni Retnaningsih
Submission Date: 2014-08-24 23:22:15
Accepted Date: 2014-09-14 11:50:42

Abstract


PT. Semen Indonesia memiliki sebuah unit kerja central telephone yang bertugas melayani dan mengatur aktifitas telepon di Pabrik Gresik. Di dalam unit kerja tersebut terdapat 10 orang karyawan yang bertugas menjadi operator. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur waktu aktif dan beban kerja karyawan, sehingga dapat ditentukan jumlah karyawan yang dibutuhkan. Perhitungan beban kerjalla dilakukan berdasarkan nilai allowance dan waktu aktif, yang ditentukan berdasarkan penyesuaian standar International Labour Organization dengan jenis pekerjaan yang dilakukan karyawan selama bekerja. Dengan membatasi masalah pada shift kerja 1 dan 4 karyawan yang menjadi objek studi, dilakukan pengukuran beban kerja (workload) untuk merencanakan jumlah karyawan yang dibutuhkan. Didalam menghitung beban kerja, dibutuhkan waktu aktif karyawan saat bekerja dengan menggunakan metode work sampling, hasilnya didapatkan waktu aktif karyawan 1, 2, 3, dan 4 adalah 3,74; 3,95; 4,24; dan 3,48 jam. Dari pengukuran waktu aktif tersebut juga didapatkan bahwa beban kerja karyawan 1, 2, 3, dan 4 adalah 76,5%, 79,7%; 86,2%; dan 74,5%. Perusahaan tidak perlu merubah jumlah 4 karyawan yang bertugas pada shift kerja 1, namun dengan mengurangi nilai allowance yang diberikan, unit kerja dapat hanya menjadwalkan 3 karyawan dalam shift kerja 1.

Keywords


Beban Kerja;Operator;Telepon;Work Sampling

References