Editorial Policies

Focus and Scope

Fokus dari jurnal ilmiah berkala ini adalah mempublikasikan setiap hasil karya tugas akhir mahasiswa ITS dalam bentuk makalah ilmiah.

Ruang lingkup dari jurnal ini adalah:

- Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi
- Bidang Energi
- Bidang Pemukiman dan Bencana
- Bidang Bangunan Ramah Lingkungan
- Bidang Kelautan

 

Section Policies

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Seksi ini dikhususkan hanya untuk bidang yang terkait dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Energi

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Pemukiman dan Bencana

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Bangunan Berorientasi Lingkungan

Checked Open Submissions Checked Indexed Unchecked Peer Reviewed

Transportasi

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Teknologi Proses

Checked Open Submissions Checked Indexed Unchecked Peer Reviewed

Kelautan

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Proses review sebuah naskah di Jurnal Teknik ITS dilakukan menggunakan mekanisme Peer-Review. Pelaksanaan review dillakukan pada waktu mahasiswa bersangkutan (sebagai penulis naskah) melaksanakan prose ujian tugas akhir. Pada waktu pelaksanaan ujian tugas akhir, tim penguji wajib menelaah artikel ilmiah yang telah disiapkan mahasiswa berdasarkan karya tugas akhirnya. Tim penguji merekomendasikan apakah artikel tersebut akan dipublikasikan (pada Jurnal dan Section yang bersesuaian) atau tidak dipublikasikan. Jika dipandang perlu, tim penguji dapat meminta penulis untuk merevisi artikel tersebut jika dipandang belum memenuhi kaidah-kaidah penulisan artikel ilmiah yang telah ditetapkan dalam lingkungan Jurnal Teknik ITS. Hasil rekomendasi tersebut didokumentasikan dalam Form Review.

Kemudian, tim pembimbing dari karya tugas akhir tersebut memutuskan apakah artikel terkait akan dipublikasikan atau disimpan dalam repository berdasarkan rekomendasi yang telah diberikan.

 

Publication Frequency

Jurnal ini utamanya digunakan untuk mempublikasikan hasil dari tugas akhir mahasiswa ITS dalam bentuk jurnal ilmiah berkala secara online. Jurnal ini akan diterbitkan 2 (dua) kali setiap tahunnya, yaitu pada bulan Februari dan bulan September.

 

Open Access Policy

Jurnal ini menyediakan akses terbuka atas makalah-makalah yang dipublikasikannya dengan prinsip dasar untuk mempromosikan penelitian kepada publik guna mendukung perkembangan pengetahuan yang lebih baik.

 

View Counter Statistics

Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
2012 880 2281 1327 1514
2013 1916 2147 1379 665 325 1882 1588 2607 2717 5285 4698 4107
2014 4064 4909 5707 1534

 

Screening for Plagiarism

Untuk menghindari terjadinya tuntutan akan adanya tindakan plagiasi pada artikel yang diterbitkan di dalam jurnal ini, maka pengelola mengharapkan penulis dan pembimbing memastikan bahwa setiap artikel yang hendak diterbitkan tidak merupakan:

- artikel telah/akan dipublikasikan di tempat lain.

- artikel telah/akan diajukan ke paten.

- penelitian tidak menggunakan perangkat lunak yang illegal.

Selain itu, setiap artikel hendaklah dicek terlebih dahulu menggunakan perangkat lunak antiplagiasi yang telah disedikan oleh ITS, seperti iThenticate, sebelum didaftarkan ke jurnal ini.

 

Article Processing Charges

Jurnal Teknik ITS tidak menarik bayaran apapun terkait dengan pemrosesan artikel (Article Processing Charge, APC). Pengelola tidak pernah membebankan biaya apapun terkait pendaftaran, pemrosesan, halaman tambahan, maupun penambahan warna pada artikel yang didaftarkan, diproses, dan dipublikasikan di Jurnal Teknik ITS.

Akan tetapi, penulis memiliki tanggung jawab penuh atas biaya yang muncul sebagai akibat proses mempersiapkan atau proofreading atas artikelnya berdasarkan inisiatif pribadi.



Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung