Editorial Policies

Focus and Scope

Fokus dari jurnal ilmiah berkala ini adalah mempublikasikan setiap hasil karya tugas akhir mahasiswa ITS dalam bentuk makalah ilmiah.

Ruang lingkup dari jurnal ini adalah:

- Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi
- Bidang Energi
- Bidang Pemukiman dan Bencana
- Bidang Bangunan Ramah Lingkungan
- Bidang Transportasi
- Bidang Kelautan

 

Section Policies

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Seksi ini dikhususkan hanya untuk bidang yang terkait dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Energi

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Pemukiman dan Bencana

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Bangunan Berorientasi Lingkungan

Checked Open Submissions Checked Indexed Unchecked Peer Reviewed

Transportasi

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Teknologi Proses

Checked Open Submissions Checked Indexed Unchecked Peer Reviewed

Kelautan

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Peer reviewer berperan dalam memastikan integritas catatan ilmiah. Proses peer review sangat tergantung pada kepercayaan dan partisipasi para komunitas ilmuwan  dan mengharuskan setiap orang yang terlibat berperilaku bertanggung jawab dan etis. Peer review memainkan peran sentral dan penting dalam proses review, namun mungkin akan berperan tanpa bimbingan dan tidak menyadari kewajiban etis mereka. Jurnal memiliki kewajiban untuk memberikan kebijakan yang transparan untuk peer review, dan peninjau berkewajiban untuk melakukan review secara etis dan akuntabel. Komunikasi yang jelas antara jurnal dan reviewer sangat penting untuk memfasilitasi tinjauan yang konsisten, adil dan tepat waktu. Diharapkan mereka akan memberikan panduan bermanfaat bagi peneliti, menjadi referensi bagi editor dan penerbit dalam membimbing penelaahan mereka, dan bertindak sebagai sumber pendidikan bagi institusi dalam melatih peneliti.

Tanggung jawab profesional: Untuk menetapkan mitra bestari yang sesuai, editor harus mencocokkan pengulas dengan cakupan konten dalam manuskrip untuk mendapatkan ulasan terbaik. Mitra bestari yang potensial harus memberikan informasi yang profesional dan akurat yang merepresentasikan keahlian mereka, termasuk informasi kontak yang dapat diverifikasi dan akurat. Ini penting untuk mengetahui bahwa peniruan identitas orang lain selama proses peninjauan termasuk kesalahan yang serius (misalnya lihat COPE Case 12-12: Kompromi peer review pada dokumen yang dipublikasikan). Saat diminta untuk meninjau, setuju untuk meninjau hanya jika Anda memiliki keahlian yang diperlukan untuk menilai manuskrip dan tidak bias dalam penilaian Anda. Akan sangat membantu apabila anda mengidentifikasi dengan jelas setiap kesenjangan dalam keahlian Anda saat diminta untuk meninjau.

Konflik kepentingan: Pastikan Anda menyatakan semua potensi, atau bertentangan minat. Jika Anda tidak yakin tentang potensi adanya konflik kepentingan yang mungkin menghalangi Anda untuk meninjau, sampaikan hal ini. Konflik kepentingan  bisa bersifat pribadi, finansial, intelektual, profesional, politis atau religius. Jika Anda saat ini bekerja di institusi yang sama dengan penulis atau baru-baru ini (misalnya, dalam kurun waktu 3 tahun terakhir) mentor, mentees, kolaborator dekat atau gabungan pemegang hibah, Anda seharusnyamenolak untuk meninjau. Selain itu, Anda seharusnya tidak setuju untuk meninjau manuskrip hanya untuk mendapatkan penelitiannya tanpa bermaksud mengirimkan ulasan, atau setuju untuk meninjau sebuah manuskrip yang sangat mirip dengan yang Anda miliki saat persiapan atau sedang dipertimbangkan jurnal lain.

Ketepatan waktu: Diharapkan untuk menanggapi undangan untuk melakukan peer review dengan memperhatikan rentang waktu yang wajar, bahkan jika Anda tidak dapat melakukan review. Jika Anda merasa memenuhi syarat untuk menilai manuskrip tertentu, Anda harus setuju untuk meninjau hanya jika Anda dapat mengembalikan ulasan di dalam kerangka waktu yang diusulkan atau disepakati bersama. Selalu itu informasikan jurnal segera jika Anda keadaan berubah dan Anda tidak dapat memenuhi perjanjian awal Anda atau jika Anda memerlukan perpanjangan. Jika Anda tidak dapat meninjau, ada baiknya memberi saran untuk pengulas alternatif yang relevan, berdasarkan keahlian mereka dan tanpa pengaruh pertimbangan pribadi atau apapun dari manuskrip yang akan menerima hasil tinjauan (baik positif maupun negatif).

 

 

Publication Frequency

Jurnal ini utamanya digunakan untuk mempublikasikan hasil dari tugas akhir mahasiswa ITS dalam bentuk jurnal ilmiah berkala secara online. Jurnal ini akan diterbitkan 2 (dua) kali setiap tahunnya, yaitu pada bulan Februari dan bulan September.

 

Open Access Policy

Jurnal ini menyediakan akses terbuka atas makalah-makalah yang dipublikasikannya dengan prinsip dasar untuk mempromosikan penelitian kepada publik guna mendukung perkembangan pengetahuan yang lebih baik.

 

View Counter Statistics

Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec
2012 880 2281 1327 1514
2013 1916 2147 1379 665 325 1882 1588 2607 2717 5285 4698 4107
2014 4064 4909 5707 1534

 

Screening for Plagiarism

Untuk menghindari terjadinya tuntutan akan adanya tindakan plagiasi pada artikel yang diterbitkan di dalam jurnal ini, maka pengelola mengharapkan penulis  memastikan bahwa setiap artikel yang hendak diterbitkan tidak merupakan:

- artikel telah/akan dipublikasikan di tempat lain.

- artikel telah/akan diajukan ke paten.

- penelitian tidak menggunakan perangkat lunak yang illegal.

Selain itu, setiap artikel akan dicek terlebih dahulu menggunakan perangkat lunak antiplagiasi yang telah disediakan oleh ITS, seperti iThenticate.

 

 

Article Processing Charges

Jurnal Teknik ITS tidak menarik bayaran apapun terkait dengan pemrosesan artikel (Article Processing Charge, APC). Pengelola tidak pernah membebankan biaya apapun terkait pendaftaran, pemrosesan, halaman tambahan, maupun penambahan warna pada artikel yang didaftarkan, diproses, dan dipublikasikan di Jurnal Teknik ITS.

Akan tetapi, penulis memiliki tanggung jawab penuh atas biaya yang muncul sebagai akibat proses mempersiapkan atau proofreading atas artikelnya berdasarkan inisiatif pribadi.



Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung