Journal History

Jurnal ini ada sebagai respon ITS atas Surat Edaran Dirjen DIKTI No. 152/E/T/2012 tanggal 27 Januari 2012 terkait kewajiban publikasi karya ilmiah oleh mahasiswa sarjana sebagai prasyarat kelulusannya. ITS memandang baik dan segera melakukan tindakan yang diperlukan untuk mengimplementasikan kebijakan tersebut.

Pada bulan Maret 2012, BP2KI yang ditunjuk oleh Rektor ITS untuk melaksanakan kebijakan tersebut membentuk tim yang diperlengkapi dengan sejumlah ahli dari masing-masing bidang. Tim memutuskan untuk membentuk 2 buah jurnal, yaitu Jurnal Teknik ITS untuk mempublikasikan artikel di bidang Teknik dan Jurnal Sains dan Seni ITS untuk menerima artikel di bidang Sains dan Seni. Selain itu juga disiapkan sebuah Repository untuk menampung artikel yang tidak direncanakan untuk dipublikasikan. Adapun alasan sebuah artikel tidak dipublikasikan adalah:

- Sudah dan/atau akan dipublikasikan di media lain.
- Mengandung bagian yang akan dipatenkan.
- Mengandung konten yang dapat diindikasikan sebagai tindakan plagiasi.
- Mengandung informasi yang dapat melanggar kesepakatan kerahasiaan dengan pihak ketiga.
- Mengandung informasi yang dapat diindikasikan melanggar hak cipta.

Pada bulan Juni 2013 BP2KI melaksanakan  sosialisasi terkait  pelaksanaan kewajiban publikasi ilmiah tersebut. Saat yang bersamaan, BP2KI juga selama bulan Juli s.d. Agustus 2012 mulai melaksanakan proses penerimaan dan penelolaan naskah.

Tepat pada tanggal 14 September 2012, edisi pertama dari Jurnal Teknik ITS dan Jurnal Sains dan Seni ITS resmi dipublikasikan oleh Prof. Djoko Santoso, Direktur Jenderal Perguruan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Mulai sejak itu, Jurnal Teknik ITS dan Jurnal Sains dan Seni ITS terbit secara rutin, 3 edisi per tahun.

 

=========================

Oleh karena pergantian statuta di lingkungan ITS, mulai Januari 2014, BP2KI sebagai pengelola berganti nama menjadi Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS.



Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung