PERANCANGAN APLIKASI LIVA UNTUK MENGURANGI NOMOPHOBIA DENGAN PENDEKATAN GAMIFIKASI

Pranatha Widya Pradana
Submission Date: 2016-01-23 10:27:59
Accepted Date: 2016-04-28 09:31:26

Abstract


Banyak aplikasi yang dapat mendukung proses komunikasi dan bersosial seperti sms, chat dan jejaring sosial. Namun sayangnya ini mengubah kebiasaan pengguna ketika berinteraksi. Sebelumnya setiap orang berkomunikasi melalui tatap muka, semakin berkembangnya teknologi akhirnya kebiasaan itu berubah. Banyak pengguna yang lebih sibuk dengan smartphone ketika berkumpul dengan keluarga, rekan atau kerabat. Aplikasi yang dapat mendekatkan orang yang jauh kini menjadi aplikasi Liva yang dapat menjauhkan orang yang dekat akibat ketergantungan menggunakan smartphone. Maka dalam tugas akhir ini penulis mengusulkan untuk mengembangkan aplikasi Liva, yang bertujuan mengurangi ketergantungan menggunakan smartphone sebagai salah satu solusi.


Keywords


perancangan, ketergantungan smartphone, nomophobia, storyboard, prototype, gamifikasi

References