ANALISIS CFD HAMBATAN LAMBUNG KAPAL TRIMARAN ASIMETRIS FLAT SIDE INSIDE DENGAN VARIASI JARAK ANTAR LAMBUNG SECARA MEMBUJUR

Andrew Gibson, I Ketut Aria Pria Utama
Submission Date: 2016-02-03 16:42:08
Accepted Date: 2016-04-28 09:31:27

Abstract


Kapal dibuat dengan fungsi sebagai sarana transportasi untuk kebutuhan niaga maupun perang. Saat ini kebutuhan kapal cepat meningkat sehingga diperlukan kapal dengan bentuk multihull, salah satunya adalah kapal Trimaran. Kapal Trimaran merupakan kapal yang mempunyai 3 lambung, yaitu satu mainhull dan dua side-hull atau disebut juga outriggers sehingga mempunyai nilai stabilitas yang tinggi. Untuk itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk membuat kapal Trimaran yang memiliki hambatan yang kecil sehingga dapat menambah nilai ekonomis dari segi efisiensi mesin dan performa kapal yang baik. Berbagai bentuk badan kapal kemudian dikembangkan untuk mendapatkan desain lambung kapal Trimaran yang paling optimum salah satunya adalah kapal Trimaran flat side inside, yaitu sebuah konfigurasi baru dengan lambung yang memiliki bidang datar atau asimetris di dalam. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan variasi letak stagger atau jarak antar lambung secara membujur (R/L) kapal Trimaran asimetris flat side inside yang menghasilkan hambatan paling kecil dengan menggunakan bantuan software Computational Fluid Dynamics (CFD). Dengan melakukan variasi kecepatan yaitu 12, 14, 16, dan 22 knot dan variasi jarak antar lambung (R/L) dimana R merupakan jarak antar lambung secara membujur dan L adalah panjang kapal mainhull, yaitu untuk R/L = 0.1, R/L = 0.2 dan R/L = 0.3  pada ketentuan jarak antar lambung secara melintang (S/L) = 0.4 dapat dilihat pengaruh interaksi gelombang terhadap nilai hambatan gelombang kapal Trimaran asimetris flat side inside. Hasil pengujian didapatkan bahwa  model C dengan R/L = 0,3 dan S/L = 0,4 adalah variasi model paling baik dalam tugas akhir ini karena menghasilkan hambatan viscous dan hambatan total        terkecil dengan presentase yang dibandingkan dengan model awal masing-masing 7,137 % dan 24,965 %.


Keywords


trimaran; flat side inside; hambatan; letak stagger; Computational Fluid Dynamics (CFD)

References


Bertram, Volker. 2002. Practical Ship Hydrodinamics, Butterworth Heineman, Oxford.

CFX. 2007. CFX Manual XIII Chapter 9: Free Surface Flow Over a Bump. Ansys.

Fortin, Michel, dkk. 1996. Folding Trimaran, United States , 5.515.801.

Tuakia, Firman. 2008. Dasar-Dasar Menggunakan CFD Fluent. Bandung: Penerbit Informatika.

V, Dubrovsky, 2001. Multi Hull Ships. New York: Backtone Publishing Company.

Versteeg H.K., and Malalasekera W. 1995. An Introduction to Computational Fluid Dynamics, Longman Scientific & Technical, England.

Wilcox, David C. 1998. Turbulence Modeling for CFD. Second edition, Anaheim: DCW Industries, 1998. pp. 174.

Zuo, W. 2007. Introduction to computational fluids dynamics. FAU Erlangen-Numberg. JASS 05. St. Petersburg.

Ackers, B.B. et al. 1997. “An Investigation of the Resistance Characteristics of Powered Trimaran Side-hull Configurations”, Trans. Of Society of Naval Architects and Marine Engineers, Vol. 105, pp 349-373.

Ahmed, Y. dan Soares, C.G. 2009. Simulation of Free Surface Flow Around a

VLCC Hull Using Viscous and Potential Flow Methods, Ocean

Engineering 36, p.691–696.

Bao-Ji, Z. 2008. The Optimalization Of The Hull Form with The Minimum Wave Making Resistance Based on Rankine Source Method, Journal of Hydrodynamics, pp.277-284.

Fathoni, Mochamad Adhan. 2012. Studi Eksperimental Tahanan dan Momen Melintang Kapal Trimaran Terhadap Variasi Posisi Dan Lebar Sidehull, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Fakultas Teknologi Kelautan, Jurusan Teknik Perkapalan, Surabaya.

Hakim, Hadi Luqman. 2007. Analisa Perilaku Dinamis FPSO dengan Sistem Internal Turret Mooring, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Fakultas Teknologi Kelautan, Jurusan Teknik Kelautan, Surabaya.

Hutauruk, Ronald Mangasi, Latumaerissa, Hendrik Simon. 2013. Kajian Interferensi Aliran pada Model Trimaran untuk Mengungkapkan Hambatan Viskos dengan Menggunakan

Uji Terowongan Angin, Jurnal TEKNOLOGI, Volume 10 Nomor 1.

Jamaluddin, A., Utama, IKAP. and Widodo, B. 2012. Experimental Investigations Into The Resistance Components Of Asymmetrical Catamarans With Variation Of Hull Spacing And Stagger, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Fakultas Teknologi Kelautan, Jurusan Teknik Perkapalan, Surabaya.

Konstantin I. Matveev, Victor A. Dubrovsky. 2006. Aerodynamic characteristics of a hybrid Trimaran model. ScienceDirect, Ocean Engineering 34 616-620.

Launder, B.E.; Spalding, D.B. 1974. The numerical computation of turbulent flows. Computer Methods in Applied Mechanics and Engineering 3 (2): 269–289.

M. De Marco Muscat-Fenech, Claire, M. Grech La Rosa, Andrea. 2014. Resistance Analysis for a Trimaran, World Academy of Science, Engineering and Technology International Journal of Mechanical, Aerospace, Industrial, Mechatronic and Manufacturing Engineering Vol:8, No:1.

M.R. Javanmardi. 2008. Hydrodynamic Analysis of Trimaran Vessels. Polish Maritim Research 1(55) 2008 vol. 15 pp. 11-18.

Mynard, T., Sahoo, Prasanta K., Mikkelsen, Jon, McGreer, Dan. 2008. Numerical and Experimental Study of Wave Resistance for Trimaran Hull Forms, Launceston, TAS 7250, Australia.

Naval Postgraduate School. 2002. Total Ship Systems Engineering course notes TS 4001, Powering. February 2002.

Nugroho, Ari Cipto. 2012. Studi Hambatan Kapal Trimaran Akibat Variasi Posisi Sidehull Terhadap Mainhull Secara Melintang, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Fakultas Teknologi Kelautan, Jurusan Teknik Perkapalan, Surabaya.

Oni, Romadhoni. 2015. Analisa Pengaruh Bentuk Lambung Axe Bow pada Kapal High Speed Craft terhadap Hambatan Total, Teknik Perkapalan Politeknik Negeri Bengkalis-Riau, Kapal, Vol. 12, No. 2.

Purnamasari, Ratna. 2012. Analisa Hambatan pada Kapal Trimaran Asimetrik dengan Konfigurasi jarak antar lambung secara membujur (R/L), Universitas Indonesia, Depok, Jakarta.

Satarsyah, Rachmi. 2012. Analisa Hambatan pada Kapal Trimaran Asimetrik dengan Konfigurasi Jarak Antar Lambung Secara Melintang (S/L), Universitas Indonesia, Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Perkapalan, Depok, Jakarta.

Utama, I. K. A. P. & Molland, A. F. 2001. Experimental and Numerical Investigations into Catamaran Viscous Resistance. Fast 2001, pp. 295-301.

Zaraphonitis, G., Spanos, D., Papanikolaou, A. 2001. Numerical and Experimental Study on the Wave Resistance of Fast Displacement Asymmetric Catamarans, Proceedings of High Performance Marine Vehicles HIPER’01, Hamburg, Germany, May 2-5.

Anggara, Sony. 2013. Thesis. Studi Komparatif Performa Hidrodinamik Kapal Bertipe Shallow Draft Barge pada Kondisi Perairan Dangkal, Sedang, dan Dalam. Surabaya,Indonesia : Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Carr, Brendan, Dvorak, Robert. 2007. Thesis. Investigation of Trimaran Interference Effects, Glen Cove, New York.

Elcin, Zafer. 2003. Thesis. Wave Making Resistance Characteristics of Trimaran Hulls, Monterey, California.

Anonim, 2012. Militer Pertahanan dan Keamanan. http://www.militerhankam.com/2012/

/perairan-indonesia-idealnya-butuh.html

Diakses pada tanggal 24 Agustus 2015.

Anonim, 2012. Strategi Militer Indonesia. http://strategimiliter.blogspot.com/2012/06/

kehadiran kapal-timaran-siluman.html

Diakses pada tanggal 24 Agustus 2015.

Ansys, Inc. 1970. http://www.ansys.com,

Diakses pada tanggal 15 September 2015.

Latitude 38 Publishing Co., Inc., Sailing and Marine Magazine,

http://www.latitude38.com/LectronicLat/2001/August2001/Aug3/trimaran.jpg,

Diakses pada tanggal 03 September 2015.


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung