Perancangan Kontroler PID-Fuzzy untuk Sistem Pengaturan Cascade Level dan Flow pada Basic Process Rig 38-100

Dwi Arkin Pritandi Arkin Pritandi
Submission Date: 2016-06-28 11:35:31
Accepted Date: 2016-12-29 00:08:06

Abstract


Pada industri yang melibatkan sebuah proses, sistem pengaturan level dan flow sering dijumpai. Permasalahan yang sering muncul pada sistem pengaturan proses adalah munculnya gangguan yang membuat sistem tidak stabil. Sedangkan kontroler PID yang sering digunakan di industri, tidak mampu mengembalikan kestabilan sistem akibat gangguan dengan cepat. Dibutuhkan penalaan ulang pada kontroler ketika terjadi perubahan parameter pada sistem atau saat sistem berubah parameternya. Penalaan tersebut hanya dapat dilakukan oleh operator yang memiliki kemampuan mumpuni. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah metode pengaturan untuk menala parameter kontroler PID secara otomatis, sehingga sistem tetap dapat bekerja dengan baik saat terdapat gangguan. Konfigurasi cascade pada sistem pengaturan level dan flow menggunakan kontroler PID konvnsional memberikan hasil yang kurang baik dengan perubahan level lebih banyak saat perubahan parameter plant. Hal ini dikarenakan inner loop bekerja sangat cepat dan tidak ada perubahan parameter kontroler saat terjadi gangguan. Fuzzy Logic yang digunakan untuk menala parameter PID berdasarkan kesalahan dan perubahan kesalahan pada sistem, mampu menangani permasalahan tersebut. Kontroler PID-Fuzzy yang dikonfigurasi cascade juga mampu memberikan recovery time lebih cepat dari kontroler PID konvensional saat parameter sistem berubah. Hal ini dibuktikan dengan RMSE pada sistem yang menggunakan kontroler PID-Fuzzy adalah 16,85 dan sistem yang menggunakan kontroler PID konvensional adalah 16,91.


Keywords


Cascade, Flow, Fuzzy, Level, PID, PID-Fuzzy

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung