Testbed Komunikasi Terintegrasi untuk Angkutan Massal Cepat Surabaya

Tiffany Maliati Khumairoh Afandi, Achmad Affandi, Djoko Suprajitno
Submission Date: 2016-06-28 13:35:49
Accepted Date: 2016-08-25 12:25:46

Abstract


Pemanfaatan teknologi informasi sebagai sarana pengelolaan Kota Surabaya dapat meningkatkan keefektifan pelayanan publik. Salah satu caranya adalah dengan penggunaan On-Board Unit (OBU) pada Angkutan Massal Cepat yang akan diterapkan di Kota Surabaya. OBU adalah terminal elektronik yang dapat memberikan informasi mengenai identitas dan posisi AMC, dan menghubungkan komunikasi antara CC-ROOM dengan pengemudi. Tugas akhir ini bertujuan untuk merancang sebuah sistem yang digunakan pada testbed komunikasi yang terintegrasi antara OBU (client) dengan CC-ROOM (server).

Perancangan dan implementasi dilakukan dalam 2 tahap, yaitu  membuat arsitektur jaringan dan aplikasi sistem client-server yang digunakan untuk sistem komunikasi terintegrasi AMC. Aplikasi pengiriman data dari client ke server dibuat dengan menggunakan Borland Delphi 7. Jaringan yang digunakan yaitu jaringan seluler dan jaringan backbone.

Pengujian sistem komunikasi terintegrasi AMC dilakukan dengan 2 macam pengujian, yaitu pengujian sistem client-server dan pengujian jaringan sistem yang terdiri dari packet loss dan throughput. Dari hasil pengujian packet loss dan throughput didapatkan rekomendasi ukuran data yang dapat diterapkan pada sistem komunikasi terintegrasi angkutan massal cepat Surabaya, yaitu sebesar 450 byte.


Keywords


Intelligent Transportation System; Packet Loss; Testbed; Throughput

References