Rancang Bangun Kendali Jarak Jauh Robot Servis Pembersih Debu Berbasis Internet of Things

Adrie Sentosa, Djoko Purwanto, Rudy Dikairono
Submission Date: 2016-06-29 12:14:20
Accepted Date: 2016-08-31 10:53:06

Abstract


Robot servis otonom, khususnya robot pembersih debu otonom, yang melakukan pekerjaan secara mandiri ketika pengguna tidak berada di rumah merupakan  impian sebagian besar masyrakat. Berbagai perusahaan dan institusi penelitian telah melakukan usaha yang baik dalam merancang robot servis pembersih debu otonom. Robot  servis pembersih debu otonom yang dikembangkan saat ini, khususnya robot pembersih debu Chuwi iLife v5, dikendalikan dengan tombol ataupun remote control berbasis infrared. Hal ini menjadi permasalahan ketika pengguna tidak berada di lokasi robot servis sehingga pengguna tidak dapat memberikan perintah kepada robot servis secara langsung.

Maka dari itu, dirancanglah kendali jarak jauh robot servis berbasis Internet of Things yang memungkinkan robot servis untuk dikendilakan pada jarak jauh. Robot servis akan diintegrasikan dengan perangkat smartphone atau komputer berbasis internet untuk menggantikan fungsi remote control sehingga pengguna dapat melakukan perintah dimanapun mereka berada selama memiliki koneksi internet.

Hasil pengujian yang dilakukan pada pengujian tugas akhir ini adalah sistem dapat mengendalikan robot servis pembersih debu dengan tingkat kehandalan sebesar 100%. Dengan menggunakan spesifikasi sistem yang digunakan pada tugas akhir ini, robot servis dapat menjalankan seluruh perintah yang diberikan oleh pengguna.


Keywords


Kendali Jarak Jauh; Robot Servis Pembersih Debu; Internet of Things

References