Rancang Bangun Arsitektur Modular Album Foto Digital 'Fotokita' Berbasis Desktop

A. Heynoum Dala Rif'at, Rizky Januar Akbar, R.V. Hari Ginardi
Submission Date: 2016-07-14 11:56:54
Accepted Date: 2016-09-06 13:42:43

Abstract


Seiring dengan fenomena semakin maraknya aktifitas pengabadian momen, dibutuhkannya teknologi yang memadai untuk mendukung aktifitas tersebut. Beberapa solusi telah ditawarkan oleh percetakan atau studio foto untuk menawarkan jasa membuat album foto. Tetapi di Indonesia belum ada aplikasi album digital berbasis desktop yang dapat memudahkan pengguna secara langsung untuk membuat album fotonya sendiri.

Pada makalah ini, permasalahan tersebut akan ditangani dengan membuat album foto digital yang bersifat modular yang dapat mengakomodasi kebutuhan pengguna dan ketidakpastian perkembangan fitur di masa depan, misalnya penambahan frame, efek dan tools pada aplikasi. Perangkat lunak ini bersifat desktop dan terdapat abstraksi/aturan yang perlu diimplementasikan agar modul dapat diintegrasi. Perangkat lunak akan dapat menambah, menghapus instalasi atau mengubah status modul-modul dari album foto digital tersebut tanpa melakukan perubahan pada modul lain.

Pengujian dilakukan dengan melakukan penambahan, penghapusan instalasi dan pengubahan status modul. Dari hasil pengujian, aplikasi yang dirancang dan diimplementasikan telah memenuhi semua kebutuhan fungsional.


Keywords


Album Foto Digital; Perangkat Lunak Modular

References