Deteksi Kendaraan Pada Citra Udara Beresolusi Sangat Tinggi di Area Perkotaan dengan Menggunakan Metode Ekstraksi Oriented FAST And Rotated BRIEF

Diagnosa Fenomena, Darlis Herumurti, Joko Lianto Buliali
Submission Date: 2016-07-19 14:10:32
Accepted Date: 2016-09-16 09:43:35

Abstract


Data mengenai lalu lintas mempunyai peranan penting dalam perencanaan tata kota, seperti untuk perencanaan jalan dan perkiraan tingkat pencemaran udara yang disebabkan oleh lalu lintas kendaraan di kota. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mendeteksi kepadatan lalu lintas, salah satunya deteksi kendaraan menggunakan CCTV.

Namun, penggunaan CCTV hanya efektif untuk deteksi kendaraan pada ruas jalan yang relatif terbatas. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu implementasi algoritma yang secara otomatis dapat mendeteksi kendaraan melalui citra udara.

Terdapat beberapa metode yang dapat digunakan untuk mendeteksi objek, beberapa diantaranya adalah template matching, klasifikasi, dan feature matching. Pada tugas akhir ini, menggunakan metode Template Matching dengan menggunakan persamaan korelasi, Haar Cascade classification dan Feature Matching dengan menggunakan ekstraksi fitur ORB.

Nilai recall dan precision tertinggi dihasilkan oleh metode Feature Matching dengan MSER dan ORB masing-masing bernilai 100% dan 75%.


Keywords


citra udara; deteksi mobil; ekstraksi fitur

References