RANCANG BANGUN APLIKASI NULIS: MEDIA PEMBELAJARAN SISWA DISGRAFIA

Peni Sriwahyu Natasari, Dwi Sunaryono, Rully Soelaiman
Submission Date: 2016-07-22 11:09:31
Accepted Date: 2016-09-22 10:18:16

Abstract


Siswa penyandang disgrafia atau kesulitan belajar menulis merupakan salah satu dari ‘Learning Disorder’. Pada anak kesulitan belajar menulis, proses menuliskan informasi merupakan hal sangat sulit. Kemampuan motorik anak terganggu dan mengakibatkan kemampuan gerak dalam kehidupan sehari-hari juga mengalami kesulitan. Siswa disgrafia dapat disembuhkan dengan melakukan kegiatan menulis secara terus-menerus serta memberikan pelatihan motorik. Salah satu solusi untuk permasalahan ini pada bidang teknologi yaitu pengembangan aplikasi NULIS. Aplikasi NULIS memiliki dua jenis muatan yaitu pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika yang dapat dipersonalisasikan oleh pendidik terhadap kebutuhan siswa. Penulis telah melakukan pembelajaran terhadap 5 siswa di Sekolah Aditama Surabaya, dan memperoleh hasil sebesar 65% parameter kemampuan menulis mengalami peningkatan. Selain itu aplikasi NULIS dapat membantu pembelajaran pada anak dengan keleluasaan pendidik dalam mengubah aktivitas. Pada akhirnya, penggunaan dari perangkat bergerak dengan muatan multimedia yang interaktif dapat meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran..

Keywords


aplikasi NULIS; siswa disgrafia; media pembelajaran

References