Analisa Alternatif Revitalisasi Pasar Gubeng Masjid Surabaya dengan Metode Highest And Best Use

Marsha Swalia Mustika, Christiono Utomo
Submission Date: 2016-07-22 14:43:54
Accepted Date: 2017-01-26 11:12:56

Abstract


Dalam era globalisasi ini banyak bermunculan pasar-pasar modern yang dibangun dengan segala kelebihan dan fasilitasnya. Munculnya pasar-pasar modern membuat keberadaan pasar tradisional tersudut, tidak terkecuali Pasar Gubeng Masjid Surabaya. Namun keberadaan pasar yang strategis yaitu dekat dengan perkantoran, hotel dan pusat perbelanjaan, serta stasiun kereta api membuat pasar tersebut memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi properti yang memberikan nilai lahan tertinggi dan terbaik. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisa Highest and Best Use (HBU) yang dapat memberikan masukan untuk melakukan investasi terbaik.

Analisa HBU ini menggunakan empat kriteria yaitu secara fisik dimungkinkan, secara legal diizinkan , secara finansial layak, dan memiliki produktivitas maksimum. Alternatif yang memiliki produktivitas maksimum tersebut dapat dijadikan sebagai nilai lahan tertinggi dan terbaik pada lahan Pasar Gubeng Masjid Surabaya.

Dari hasil penelitian didapatkan alternatif yang menghasilkan nilai lahan tertinggi dan produktivitas maksimum adalah alternatif pengembangan multi use pasar dengan pusat perbelanjaan.. Nilai lahan yang didapatkan sebesar Rp 46.946.524,-/m2 dengan produktivitas meningkat sebesar 312%.


Keywords


Lahan; Highest and Best Use; Pasar Gubeng Masjid Surabaya;properti komersial

References