Perencanaan Site Layout Facilities Berdasarkan Traveling Distance Dan Safety Index Pada Proyek Pembangunan Hotel The Alimar Surabaya

Angga Sukma Wijaya, Yusroniya Eka Putri
Submission Date: 2016-07-22 17:56:22
Accepted Date: 2016-12-30 23:08:46

Abstract


Proyek pembangunan hotel The Alimar Surabaya dengan 7 lantai , mempunyai luas tanah sebesar 900 m2 dengan KDB  650 m2 KLB 4550 m2. Permasalahan yang terjadi adalah bangunan tersebut mempunyai lahan yang tidak terlalu luas dan  berhimpitan langsung dengan rumah warga.

Ruang gerak yang sempit akan sulit untuk menentukan penempatan site facilities. Dengan perencanaan site layout facilities yang dapat menghemat pemakaian ruang bangun. Semakin besar area yang digunakan dalam penempatan site facilities maka perjalanan antar fasilitas juga semakin banyak memakan waktu. Pembuatan alternatif site layout perlu dilakukan agar memperoleh site facilities yang optimal.

Pada penelitian ini dilakukan perencanaan site layout facilities dengan traveling distance dan safety index  atau bisa disebut multi objectives function sebagai acuannya. Perencanaan site layout tersebut pada dasarnya dibagi dua tahap yaitu pada saat pekerjaan sub structure dan pekerjaan upper structure. Dari kedua tahap pekerjaan tersebut dapat menggunakan metode equal maupun unequal site layout. Pada perencanaan fasilitas juga diperhitungkan kebutuhan luas dan fasilitas material pada stock yard. Setelah melakukan iterasi dan membuat skenario-skenario bentuk site layout yang berbeda-beda kemudian terpilih salah satu yang mempunyai nilai multi objectives function paling minimum. Kemudian dengan menggunakan grafik pareto optima maka grafik tersebut mampu menunjukkan titik-titik objectives function yang paling minimum.

Hasil yang di dapatkan adalah pada saat pekerjaan Sub Structure, site layout yang paling optimal adalah pada alternatif 665 yang mempunyai travelling distance dan safety index terendah dengan nilai TD sebesar 13246,18 m atau mengalami penurunan sebesar 3,30% dan nilai SI sebesar 1048 atau mengalami penurunan sebesar 5,76% dari kondisi perencanaan awal. Sedangkan Pada saat pekerjaan Upper Structure, site layout yang paling optimal adalah pada alternatif 122 yang mempunyai travelling distance dan safety index terendah dengan nilai TD sebesar 18741,6 m atau mengalami penurunan sebesar 5,15% dan nilai SI sebesar 1072 atau mengalami penurunan sebesar 6,78% dari perencanaan awal.

Keywords


alternatif; optimal; perencanaan; safety index; site layout facilities; traveling distance

References