Penilaian Risiko Terhadap Pipa Bawah Laut East Java Gas Pipeline (EJGP) Pertagas Akibat Soil Liquefaction Karena Gempa Bumi

Astri M. Firucha, Wahyudi Wahyudi, Kriyo Sambodho
Submission Date: 2012-08-01 08:58:32
Accepted Date: 2012-09-11 00:00:00

Abstract


Kegagalan sistem perpipaan bawah laut sering terjadi karena adanya fenomena alam pengaruh lingkungan dari gelombang, arus dan gempa bumi. Fenomena alam yang terjadi pada pipa bawah laut meliputi, scouring, soil liquefaction, dan landslide yang kemudian berakibat pada settlement. Pada penelitian ini dilakukan analisis mengenai penilaian risiko terhadap pipa bawah laut East Java Gas Pipeline (EJGP) milik PT. Pertagas yang kemungkinan terjadi soil liquefaction karena gempa bumi. Sistem perpipaan yang ditinjau menghubungkan antara Pulau Pagerungan dan Porong. Soil liquefaction merupakan fenomena alam yang menggambarkan pencairan tanah jenuh kehilangan kekuatan dan kekakuan dalam menanggapi sebuah tegangan, biasanya getaran gempa bumi atau perubahan mendadak lainnya dalam kondisi stress, menyebabkan tanah berperilaku seperti cairan. Fenomena ini dapat menyebabkan terjadinya settlement pada area pipa yang terpasang, sehingga menyebabkan perubahan kedalaman tanah yang dikhawatirkan pipa yang meletak pada permukaan dasar laut mengalami buckling akibat terjadinya bentangan bebas (freespan) serta terjadinya perubahan longitudinal stress pada pipa yang terpasang. Penilaian risiko yang dilakukan dengan menggunakan metode Monte Carlo. Metode ini bertujuan untuk mencari frekuensi peluang kegagalan konsekuensi dari sistem yang ditinjau, sehingga dapat mengetahui matriks risiko untuk tingkat bahaya yang terjadi. Dari analisa yang telah dilakukan, sistem perpipaan akan terjadi soil liquefaction untuk semua Kilometer Points (KP) dan variasi magnitude gempa (Mw) dan menunjukkan bahwa risiko pada sistem perpipaan ini berada dalam kondisi ALARP.

Keywords


Metode Monte Carlo, Penilaian Risiko, Settlement, Soil liquefaction.

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung