DESIGN AND IMPLEMENTATION OF LOCATION BASED ADVERTISING MOBILE APPLICATION WITH INDOOR LOCALIZATION AS A PROMOTION MEDIA IN SHOPPING CENTER

Ratih Ayu Indraswari, Hari Ginardi
Submission Date: 2016-07-27 16:55:25
Accepted Date: 2016-10-25 12:17:35

Abstract


Periklanan atau advertising sangat erat hubungannya dengan bisnis atau usaha. Dari sisi konsumen tentu sangat membutuhkan informasi mengenai sebuah produk atau jasa agar kebutuhan dapat terpenuhi dengan efektif. Disamping itu, teknologi perangkat bergerak berkembang cukup pesat dan sudah semakin menyatu dengan kehidupan personal manusia, sehingga secara langsung maupun tidak langsung perangkat bergerak yang dibawa oleh seseorang dapat menjadi sebuah pemancar yang memberikan informasi keberadaan mereka. Oleh sebab itu, dikembangkan sebuah sistem advertising yang dapat memberikan informasi promosi, iklan, dan lain-lain secara langsung kepada konsumen sesuai dengan lokasi saat itu. Tujuan dikembangkannya sistem ini adalah untuk memberikan solusi advertising yang tepat sasaran dan memudahkan konsumen untuk mengetahui promosi yang sedang berlaku pada booth yang sedang mereka kunjungi. Sistem didukung oleh konsep Indoor Localization yang memungkinkan untuk menentukkan lokasi pengguna yang berada didalam ruangan atau gedung. Konsep Indoor Localization diimplementasikan dengan melakukan klasifikasi terhadap data sinyal yang didapat pada waktu tertentu dengan metode Binary Tree Support Vector Machine. Dari data-data tersebut dilakukan pelatihan dan prediksi untuk menentukan lokasi. Tingkat akurasi hasil deteksi lokasi menghasilkan persentase benar sebesar 73%.


Keywords


Indoor Localization; Location Based Advertising; Support Vector Machine; WiFi

References