Pengaruh Tingkat Kekompakan Ruang (Urban Compactness) terhadap Tingkat Emisi Gas Rumah Kaca pada Sektor Energi Bidang Transportasi di Kota Malang

Indah Wahyuning Prihastuty
Submission Date: 2016-07-28 09:52:24
Accepted Date: 2016-12-27 00:00:00

Abstract


Kota Malang adalah kota dengan tingkat pertumbuhan penduduk tinggi, hal tersebut mengakibatkan adanya gejala urban sprawl yang berdampak pada pertambahan panjang perjalanan yang dibutuhkan. Peningkatan panjang perjalanan tersebut juga berdampak pada peningkatan jumlah kendaraan dan konsumsi energinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh bentuk kota (kekompakan ruang) terhadap emisi yang dihasilkan. Analisis dilakukan dalam 3 tahap, tahap pertama mengelompokkan tingkat kekompakan ruang kota malang, tahap kedua menghitung tingkat emisi pada tiap kelompok kekompakan ruang, tahap ketiga melakukan pemodelan regresi linier berganda untuk meneliti pengaruh kekompakan ruang terhadap tingkat emisi. Berdasarkan hasil penelitian, Kota Malang dibagi menjadi 3 kelompok kekompakan ruang yaitu tinggi, sedang dan rendah. Tingkat emisi pada kelompok kekompakan tinggi adalah 19,7 Kg CO2 , kekompkan sedang adalah 25,9 Kg CO2 dan kekompakan rendah adalah 26 Kg CO2. Perbedaan tingkat kekompakan ruang mempengaruhi perbedaan tingkat emisinya.Hasil permodelan dengan regresi linier berganda, diperoleh Y = 6.167.233,715 + 42.771,992 (kepadatan penduduk)  – 59.629,983 (kepadatan lahan terbangun) – 9.039.849,863 (keragaman guna lahan). Dari hasil tersebut diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kekompakan ruang dengan tingkat emisinya, dimana variabel yang paling berpengaruh adalah indeks keragaman guna lahan.

Kata Kunci— Emisi Bidang Energi  Sektor Transportasi, Emisi Gas Rumah Kaca (CO2),  Kekompakan Ruang.


Keywords


Emisi Bidang Energi Sektor Transportasi; Emisi Gas Rumah Kaca (CO2); Kekompakan Ruang

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung