Arahan Pengembangan Kawasan Wisata Pantai Pidakan di Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan Berbasis Partisipasi Masyarakat

Lina Rizqi Nafisah
Submission Date: 2016-07-28 11:49:35
Accepted Date: 2016-12-29 03:08:25

Abstract


Pantai Pidakan adalah salah satu wisata pantai di Dusun Godeg Kulon, Desa Jetak, Kabupaten Pacitan. Pantai ini merupakan pantai yang memiliki keindahan alam yang dikelola oleh masyarakat lokal. namun, masih terdapat permasalahan diantaranya adalah kurangnya atraksi wisata, kurangnya fasilitas, dan peran pemerintah yang kurang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah merumuskan pengembangan wisata berbasis Partisipasi Masyarakat di Pantai Pidakan.

Terdapat 3 sasaran studi dalam penelitian ini yaitu mengidentifikasi bentuk partisipasi masyarakat dalam pengembangan wisata pantai Pidakan,  mengetahui faktor pengembangan wisaya dan merumuskan arahan pengembangan wisata pantai Pidakan berbasis partisipasi masyarakat. Adapun teknik analisisnya adalah analisis deskriptif menggunakan tabulasi silang untuk sasaran pertama, Content Analysis untuk sasaran kedua dan analisis deskriptif untuk sasaran ketiga.

Berdasarkan hasil analisis didapatkan bahwa, pertama, bentuk partisipasi yang tertinggi adalah partisipasi buah pikiran dan partisipasi terendah adalah bentuk partisipasi keterampilan sehingga perlunya peningkatan keterampilan dalam pengembangan wisata. Kedua, ditemukan 17 faktor pengembangan yang berpengaruh dalam pengembangan kawasan wisata Pantai Pidakan. Ketiga, terumuskannya arahan pengembangan kawasan wisata Pantai, yaitu menyusun konsep dan membentuk DTW baru,  pengembangan sarana dan prasarana wisata, aksesibilitas, peningkatan keterampilan dalam mengelola hasil laut, peningkatan modal usaha wisata melalui dukungan eksternal pemerintah dan swasta.

Kata Kunci: Pengembangan Wisata, Wisata Pantai, Partisipasi Masyarakat


Keywords


Pengembangan Wisata, Wisata Pantai, Partisipasi Masyarakat

References