Efek Penambahan Anti-Sloshing pada Tangki Kotak Bermuatan LNG Akibat Gerakan Rolling Kapal

Satrio Agi Nugraha, Murdjito Murdjito, Rudi Walujo Prastianto
Submission Date: 2016-07-28 11:18:07
Accepted Date: 2017-02-05 11:54:22

Abstract


Sloshing dapat diartikan sebagai gerakan bebas dari fluida cair di dalam sebuah wadah. Masalah sloshing menjadi fenomena penting dalam sebuah analisis gerakan fluida, karena dapat menyebabkan kerusakan pada struktur dalam tangki. Penelitian ini menjelaskan pengaruh adanya penambahan anti-sloshing terhadap besarnya pressure pada tangki kotak bermuatan LNG akibat pengaruh gerakan rolling yang terjadi pada kapal. Pemodelan tangki dilakukan dengan menyederhanakan tangki LNG berjenis membrane GT NO.96 menjadi tangki kotak (rectangular tank) dengan ukuran panjang (B) 39.36 m dan tinggi (H) 27.89 m menggunakan software permodelan mesh. Terdapat beberapa variasi yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu, variasi pengisian muatan tangki dengan ketinggian 20%, 40%, 50%, dan 80% dari tinggi tangki, variasi penambahan anti-sloshing vertikal, variasi dimensi anti-sloshing horizontal dengan variasi perbandingan panjang anti-sloshing (W) dan panjang tangki (B), rasio W/B adalah 0.2 dan 0.3, variasi dimensi anti-sloshing horizontal dengan variasi jarak plat anti-sloshing terhadap bagian atas tangki (h) dan tinggi tangki (H), rasio h/H adalah 0.4 dan 0.5, variasi dimensi anti-sloshing dengan variasi sudut plat anti-sloshing (θ) terhadap arah horizontal adalah 0o, 5o, dan 10o, serta variasi gerakan tangki dengan periode (T) 17 s, 18 s, 20 s, 21 s, dan 25 s. Proses simulasi dilakukan dengan metode Computational Fluid Dynamic (CFD) menggunakan bantuan software. Dari hasil simulasi dapat disimpulkan bahwa penambahan plat anti-sloshing horizontal tidak lebih efektif untuk mengurangi besarnya pressure yang terjadi di dalam tangki apabila dibandingkan dengan penambahan plat anti-sloshing vertikal.

 


Keywords


Anti-Sloshing; CFD; LNG; Mesh; Sloshing; Tangki Kotak

References


T. Gavory. 2011. Sloshing In Membrane LNG Carriers and its Consequences From A Designer’s Perspective. Liquid Motion Department, Gaztransport & Technigaz. France

Yonghwan Kim. 2001. Analysis of Three-Dimensional Sloshing Flows In the Ship Liquid Cargo. American Bureau of Shipping. USA

Mi-An Xue, Jinhai Zheng, and Pengzhi Lin. 2012. Numerical Simulation of Sloshing Phenomena in Cubic Tank with Multiple Baffles. Journal of Applied Mathematics. USA

M. Isaacson and S. Premasiri. Hydrodynamic Damping due to Baffles in A Rectangular Tank. Canadian Journal of Civil Engineering, 28(4), pp.608-616, 2001.

D. Liu and P. Lin. A Numerical Study of Three-dimensional Liquid Sloshing in Tanks. Ocean Engineering, 36, pp. 202-212, 2009.

Cargo Operating Manual. Liquid Natural Gas Carrier Disha (H2210). Petronet. Pentatech.co.ltd.

Lin Lu, Sheng-cao Jiang, Ming Zhao, and Guo-qiang Tang. 2015. Two-dimensional Viscous Numerical Simulation of Liquid Sloshing in Rectangular Tank with / without Baffles and Comparison with Potential Flow Solutions. Journal of Elsevier. 108, 662-667.


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung