Studi Laju Korosi dan Surface Morfologi Pipa Bawah Laut API 5L Grade X65 dengan Variasi Sudut Bending

Apri Malani Putri, Imam Rochani, Heri Supomo
Submission Date: 2012-08-01 13:30:06
Accepted Date: 2012-09-11 00:00:00

Abstract


Proses bending banyak digunakan dalam proses produksi pada pipa. Proses ini akan menghasilkan peristiwa tensile dan compress, maka stress yang terjadi akibat gaya tekan atau gaya tarik ini akan bekerja simultan pada lingkungan korosif yang dapat menyebabkan terjadinya korosi. Deformasi yang terjadi ini akan mengakibatkan perbedaan tingkat laju korosi pada setiap perubahannya, yaitu dengan sudut bending yang berbeda. Oleh karena itu, untuk membuktikannya dilakukanlah penelitian dengan tiga sudut bending yang berbeda yaitu 60°, 90°, dan 135°. Material yang digunakan adalah pipa bawah laut API 5L Grade X65. Pipa ini dibending dengan sudut di atas, kemudian dipotong tiga spesimen pada setiap intrados dan ektsrados pipa untuk setiap sudut bending. Pengujian laju korosi dengan menggunakan sel tiga elektroda dengan campuran larutan FeCl3 dan 0,3% aquades.

Dari hasil penelitian diperoleh nilai laju korosi untuk intrados bending pipa ; sudut bending 60° adalah 0,75 mm/year, sudut 90° adalah 0,64 mm/year, dan untuk sudut 135° adalah 0,43 mm/year. Sedangkan untuk ekstrados pipa; sudut 60° nilai laju korosinya adalah 0,59 mm/year, sudut 90° adalah 0,49 mm/year, dan untuk sudut bending 135° nilai laju korosinya adalah 0,4 mm/year. Analisa surface morfologi yang dilakukan pada spesimen menyimpulkan bahwa semakin tinggi nilai laju korosi, maka bentuk permukaan dari spesimen akan semakin kasar,begitupun sebaliknya

Keywords


pipa bawah laut API 5L Grade X65,laju korosi, sudut bending, surface morfologi

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung