Desain Rantai Pasok Gas Alam Cair (LNG) untuk Kebutuhan Pembangkit Listrik di Indonesia Bagian Timur

Made Arya Satya Dharma Putra
Submission Date: 2016-07-29 13:39:56
Accepted Date: 2017-01-26 11:12:57

Abstract


Indonesia merupakan negara yang memiliki gas alam yang melimpah, namun kurangnya kesadaran masyarakat Indonesia untuk memanfaatkan gas tersebut untuk kebutuhan listrik di Indonesia yang sekarang sedang dalam krisis terutama di Indonesia Timur. Salah satu penyebab krisis tenaga listrik yang terjadi di Indonesia adalah tingginya nilai harga bahan bakar minyak, dimana High Speed Diesel Oil merupakan bahan bakar utama bagi pembangkit listrik di Indonesia. Gas alam cair atau Liquefied Natural Gas (LNG) dapat menjadi solusi alternatif bahan bakar bagi pembangkit listrik di Indonesia.Studi kali ini bertujuan untuk pemanfaatan gas alam cair (LNG) untuk kebutuhan pembangkit listrik di Indonesia Timur dengan menentukan pola distribusi LNG dengan menggunakan Blok Masela sebagai sumber LNG dan menggunakan kapal untuk mendistribusikannya. Terdapat 39 pembangkit yang tersebar di 4 pulau yaitu Maluku, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Papua. Kapal yang digunakan untuk mendistribusikan terdapat 5 kapal dengan ukuran 2500 m3, 7500 m3, 10000 m3, 19500 m3, 23000 m3. Untuk mendapatkan rute distribusi, studi ini menggunakan metode Linear Programing dan dalam Vehicle Routing Problem. Hasil optimasi pada distribusi ini adalah rute dan kapal yang optimal / terbaik dengan biaya ekonomi yang minimal.Dari hasil penelitian ini pembangkit akan dibagi menjadi 5 cluster dimana terdapat 5 rute yang terpilih dengan menggunakan 6 kapal yaitu 5 kapal ukuran 2500 m3 dan 1 kapal dengan ukuran 7500m3. Biaya total yang diperlukan dalam mendistribusikan LNG sebesar US$ 111,863,119.15 untuk Opex dan US$ 283,967,000.00 untuk Capex. Hasil dari kajian ekonomi menunjukan bahwa margin penjualan yang terpilih adalah antara US$ 3.5 sampai US$ 3.9 dengan payback period selama 6.8 – 4.7 tahun tahun dari waktu operasi 20 tahun.

Keywords


Distribusi LNG; Linear Programming; Vehicle Routing Problem; Kajian Ekonomi

References


Armita, I Putu Yusna. 2011. Optimasi Rantai Pasok LNG: Studi Kasus Kebutuhan LNG di Bali. Surabaya: ITS.

Awansari, Septy Ayu. 2013. Implementasi Model Capacitated Vehicle Routing Problem pada Pngiriman Pupuk Urea Bersubsidi. Malang: Universitas Brawijaya

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi. 2014. Outlook Energi Indonesia

Baldacci, R., Battarra, M., & Vigo, D. (2008). Routing a heterogeneous fleet of vehicles. In The vehicle routing problem: latest advances and new challenges (pp. 3–27). Springer.

Dell'Amico et al. 2007. Heuristic Approaches for the FSMVRP with Time Windows. Transportation Science 41(4), pp. 516-526, © 2007 INFORMS.

Dewabrata, Aldrin. 2014. Desain Fasilitas Penerima LNG Berdasarkan NFPA 59A, Studi Kasus: PLTG Gilimanuk, PLTG Pemaron, dan PLTG Pesanggrahan. Surabaya: ITS.

Hempsch, C., & Irnich, S. (2008). Vehicle routing problems with inter-tour resource constraints. In The Vehicle Routing Problem: Latest Advances and New Challenges (pp. 421–444). Springer.

INPEX Corporation. 2011. Annual Report 2011

INPEX Corporation. 2015. Annual Report 2015

Iqro, Muhammad Adam. 2012. A Study on Designing Gas Handling System and Transportation System: Gas Demand in Bali. Surabaya: UTS

Kris Thornburg, Anne Hummel. 2006. Lingo 8.0 Tutorial. New York: Columbia University.

Lindo Systen Inc. 2016. LINGO The Modeling Language and Optimizer. Chicago, Illinois.

Oscarino, Yohanes NS. 2010. Distribusi Gas Alam Cair (LNG) dari Kilang Menuju Floating Storage Regasification Unit (FSRU) untuk Pemenuhan Kebutuhan Pembangkit Listrik di Indonesia Melalui Pendekatan Simulasi. Surabaya: ITS.

Perusahaan Listrik Negara. 2015. Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik PT PLN (persero) Tahun 2015-2024.

Soegiono, Ketut Buda Artana. 2006. Transportasi LNG Indonesia. Surabaya: Airlangga University Press.

Suthikarnnarunai. 2008. A Sweep Algorithm for the Mix Fleet Vehicle Routing Problem. Proceedings of the International MultiConference of Engineers and Computer Scientists 2008 Vol III MECS 2008, 19-21 March, 2008, Hong Kong.

Toth, P., & Vigo, D. (2002). The vehicle routing problem. (P. Toth & D. Vigo, Eds.) Optimization (Vol. 9, p. 367). Philadelphia: Society for Industrial and Applied Mathematics.


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.