Perumusan Strategi Bersaing pada Perusahaan Ban dengan Metode Analisis Portofolio Produk (Studi Kasus: PT Multistrada Arah Sarana, Tbk)

Nathanael August Zefanya, Bustanul Arifin Noer
Submission Date: 2016-07-30 17:19:15
Accepted Date: 2016-10-27 13:45:42

Abstract


Industri ban di Indonesia mengalami perkembangan pesat dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Namun, terjadinya krisis ekonomi global menjadi penyebab menurunnya pendapatan, salah satunya adalah PT MASA dengan produk utamanya yaitu ban mobil Achilles dan ban motor Corsa yang digunakan sebagai objek penelitian ini. Telah diilakukan analisis PESTEL dan Porter’s Five Forces, identifikasi faktor lingkungan internal dan eksternal dengan analisis SWOT serta merumuskan alternatif strategi bersaing untuk direkomendasikan kepada PT MASA. Perumusan strategi alternatif didapat dari hasil analisis Matriks BCG dan Matriks IE sebagai analisis portofolio untuk mendapatkan tema strategi alternatif dalam pembuatan Matriks SWOT. Strategi alternatif kemudian diperingkatkan dengan QSPM dan dilanjutkan pembuatan rencana aksi bagi PT MASA dalam waktu 5 tahun ke depan. Setelah dilakukan analisis industri, diketahui bahwa ancaman terbesar datang dari pesaing produsen ban. Dari hasil analisis portofolio, PT MASA berada di kuadran I karena memiliki koordinat IFE serta EFE 3,32 dan 3,26. Dari hasil analisis Matriks IE, PT MASA direkomendasikan untuk melakukan strategi grow and build. Hasil Matriks BCG menunjukkan bahwa Achilles berada di dogs, sementara Corsa berada di question marks. Terdapat 13 strategi alternatif hasil dari formulasi strategi dengan menggunakan matriks TOWS. Dari hasil analisis QSPM, terdapat 7 alternatif strategi terbaik dan rencana aksi..

Keywords


Industri Ban; Matriks BCG; Matriks IE; Perumusan Strategi; QSPM

References