DESAIN BLADE TURBIN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ARUS LAUT DI BANYUWANGI BERBASIS CFD

Ricardo Martin Lopulalan
Submission Date: 2016-07-31 20:01:54
Accepted Date: 2017-01-26 11:12:55

Abstract


Perancangan pembangkit listrik tenaga arus laut telah dilakukan di Negara-negara maju sebagai energy alternative yang dimanfaatkan sebagai sumber energy listrik. Indonesia mempunyai potensi sumber terbarukan berlimpah namun masih belum termanfaatkan secara maksimal. Potensi sumber energi terbarukan Indonesia salah satunya adalah pemanfaatan aliran pasang surut air laut (ocean  current) sebagai sumber energi penghasil listrik.

Pada penulisan tugas akhir akan dikaji secara teknis mengenai perancangan pembangkit listrik tenaga arus laut untuk diaplikasikan di Banyuwangi.  Kajian meliputi tipe turbin gorlov, Coefisien Lift, Gaya Hidrodinamik, besarnya torsi dan besarnya daya yang dihasilkan dengan memvariasikan ketinggian dari turbin 1,5 m, 2 m, dan 3 m.

Hasil yang diperoleh nantinya desain turbin yang menghasilkan daya terbesar yang diaplikasikan di Banyuwangi. Gaya hidrodinamik yang dihasilkan oleh turbin arus laut sebesar 125,96 N dan daya listrik terbesar dihasilkan oleh tipe blade dengan jumlah daun 4 dan ketinggian 3m sebesar 349 Watt.


Keywords


Ocean current; CFD; Gaya Hidrodinamik; Pembangkit Listrik; Turbin Gorlov;

References