Analisa Pengaruh Sudut Serang Hidrofoil Terhadap Gaya Angkat Kapal Trimaran Hidrofoil

Aji Suryadi, Irfan Syarif Arief, Amiadji Amiadji
Submission Date: 2016-08-01 12:01:28
Accepted Date: 2017-02-05 14:24:56

Abstract


Indonesia merupakan negara maritim, namun sebagian besar masyarakat Indonesia masih menggantungkan hidupnya pada sektor agraris. Sektor maritim perlu dikembangkan dan kendaraan laut sangat dibutuhkan sebagai fasilitas untuk mengembangkan sektor maritim. Pengembangan efisiensi kerja kapal bisa dilakukan dengan penambahan komponen hidrofoil yang dipasang pada lambung kapal Trimaran. Prinsip kerja dari hidrofoil yang terpasang pada lambung kapal Trimaran adalah hidrofoil yang memiliki sudut serang akan bergesekan dengan aliran sehingga menghasilkan gaya hambat kapal searah sumbu-X dan gaya angkat kapal searah sumbu-Y. Pada penulisan tugas akhir ini penulis menganalisa mengenai pengaruh sudut serang hidrofoil terhadap gaya angkat kapal Trimaran Hidrofoil. Sudut serang divariasikan sebesar 100, 200 dan 300 dengan Analisa menggunakan metode Computational Fluid Dynamics (CFD). Penelitian menghasilkan kesimpulan bahwa sudut serang terbaik berbeda-beda pada tiap kecepatan. Kecepatan 20 knot memiliki sudut serang hidrofoil terbaik sebesar 30 derajat. Kecepatan 30 knot memiliki sudut serang hidrofoil terbaik sebesar 20 derajat. Kecepatan 40 knot kapal sudah mencapai kondisi stall dimana kapal hidrofoil sudah kehilangan gaya angkat.


Keywords


Sudut Serang; Hidrofoil; Trimaran; Gaya Angkat; CFD

References


Purwanto D, Hantoro R, Utama I. 2010. Kajian Perbaikan Performansi Pada Hydrofoil Kapal Cepat Dengan Penambahan Sirip Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamic (CFD). Surabaya (ID): ITS Library.

Praseno E. 2010. Analisis Pengaruh Sudut Foil Samping Terhadap Kaki Hidrofoil untuk Stabilitas Kapal dengan Pendekatan Free Surface Area CFD. Surabaya (ID): ITS Library.

Wonggiawan F, Budiarto U, Rindo G. 2015. Studi Perancangan Hydrofoil Kapal Penumpang Untuk Perairan Kepulauan Seribu. Surabaya (ID): ITS Library.

Kuncoro DN. 2012. Simulasi Perhitungan Torsi, Daya, dan Efisiensi Turbin Darrieus Pada hydrofoil NACA 0012 Dari Karakteristik CL dan CD Hasil Simulasi Fluent. Semarang (ID): UNDIP.

Anonim. 2012. Computational Fluid Dynamics. cfd.online.com. [diakses pada 29 Mei 2016].

Samuel, Sisworo SJ, Bangun MA. 2013. Studi Konfigurasi Lambung Kapal Trimaran dengan Bantuan Computational Fluid Dynamic (CFD). Semarang (ID): UNDIP.


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung