Rancang Bangun Game Aksi dengan Integrasi dan Pengenalan Gambar Menggunakan Algoritma Ekstraksi Fitur SURF dan Klasifikasi SVM pada Perangkat Android

Bryan Nandriawan, Imam Kuswardayan, Nanik Suciati
Submission Date: 2016-08-03 12:05:13
Accepted Date: 2017-01-26 11:12:54

Abstract


Saat ini perangkat mobile berbasis Android dan iOS sangat digemari oleh anak-anak. Mereka yang telah memiliki perangkat mobile akan menghabiskan seluruh waktunya untuk menatap layar perangkat saat bermain. Akibat yang ditimbulkan adalah penurunan kesehatan mata dan kurangnya bersosialisasi dengan teman sebaya. Menggambar adalah hal yang disukai anak-anak. Dengan menggabungkan menggambar dengan permainan perangkat mobile, anak-anak akan tetap merasa bermain meski mereka sedang tidak menatap layar untuk menggambar. Tugas akhir ini bertujuan untuk membangun sebuah permainan yang dapat mengenali gambar dan menggunakan gambar tersebut dalam permainan. Metode pengenalan gambar dalam tugas akhir ini dilakukan dengan menggunakan metode Edge Detection dengan algoritma ekstraksi fitur SURF (Speeded-Up Robust Features) dan klasifikasi SVM (Support Vector Machine). Jenis permainan yang dibangun merupakan gabungan dari aksi dan tower defense. Hasil dari tugas akhir ini dibagi menjadi 3 yaitu hasil fungsionalitas permainan, hasil daya tarik permainan dan hasil akurasi pengenalan gambar. Semua fungsi yang dibuat pada permainan dapat berjalan dengan baik, dan permainan juga telah memiliki daya tarik yang memikat. Namun hasil akurasi pengenalan gambar masih kurang dari harapan penulis.

Keywords


Android; Klasifikasi Gambar; Permainan; SURF; SVM;

References


M. Simkova, "Using of Computer Games in Supporting Education," Procedia - Social and Behavioral Sciences, vol. 141, pp. 1224-1227, 2014.

P. Sykora, P. Kamencay and R. Hudec, "Comparison of SIFT and SURF Methods for Use on Hand Gesture Recognition based on Depth Map," AASRI Procedia, vol. 9, pp. 19-24, 2014.

W. Chong and H. Kaiqi, "How to use Bag-of-Words model better for image classification," Image and Vision Computing, vol. 38, pp. 65-74, 2015.

M. Slavomir, H. Robert, K. Patrik, B. Miroslav and Z. Martina, "Classification of Wild Animals based on SVM and Local Descriptors," AASRI Procedia, vol. 9, pp. 25-30, 2014.

T. T. Cota, L. Ishitania and N. Vieira Jr., "Mobile game design for the elderly: A study with focus on the motivation to play," Computers in Human Behavior, vol. 51, pp. 96-105, 2015.


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.