Analisa Keandalan Struktur Akibat Beban Gelombang Pada Kapal Perang Tipe Corvette

Teguh Tri Efendi, Aries Sulisetyono, Teguh Putranto
Submission Date: 2016-08-09 10:07:00
Accepted Date: 2017-02-05 12:52:32

Abstract


Kapal perang merupakan kapal yang digunakan untuk kepentingan militer demi mempertahankan kedaulatan bangsa. Untuk menunjang itu semua, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah dalam mendesain strukur kapal. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji desain struktur kapal perang untuk daerah operasional perairan terbuka di Indonesia yang memiliki tinggi rata-rata gelombang sekitar 3-6 m. Pembahasan ini dititikberatkan pada perhitungan nilai keandalan struktur yang diakibatkan oleh tegangan dari beban gelombang. Analisa dilakukan dengan memodelkan kapal menggunakan Software Poseidon dan Software untuk menghitung RAO untuk mendapatkan nilai tegangan. Metode simulasi Monte Carlo digunakan untuk menetukan nilai keandalan Strukur. Variasi dilakukan terhadap tinggi gelombang dan sudut hadap. Dari hasil perhitungan Simulasi Monte Carlo didapatkan nilai keandalan Struktur pada tinggi gelombang 3 m  sebesar 0,999 dan probabilitas kegagalan sebesar 0.001, tinggi gelombang 4 m  sebesar  0,998 dan probabilitas kegagalan sebesar 0.002 , tinggi gelombang 5 m  sebesar 0,955 dan probabilitas kegagalan sebesar 0.045 , dan tinggi gelombang 6 m  sebesar 0,805 dan probabilitas kegagalan sebesar 0.195.

Keywords


Kapal Perang; tegangan; simulasi monte carlo; dan Keandalan Struktur

References


Baker, M. J., & Wyatt, T. A. (1979). Methods of reability Analysis for jacket platform. London: Journal of Behavior of Offshore Structure.

BKI. (1996). Rules For elding. Jakarta.

Choi, S. K., Grandhi, R. V., Canfield, & Robert, A. (2006). Reliability Based Structure Design. London: Spinge Science.

Perdana, D. I. (2013). Analisa Beban Gelombang pada Konstruksi Kapal Perang Tipe Corvette di Kondisi Perairan Indonesia. Surabaya: Tugas Akhir S1, Jurusan Teknik Perkapalan, Fakultas Teknologi Kelautan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Nowak, A. S., & Collin, K. R. (2000). Reliability of structure. Singapore: Mc Graw Hill.

Rosyid, D. M. (2007). Pengantar Rekayasa Keandalan. Surabaya: Airlangga University Press.

Arianto, P. Y. (2016). Analaisi tagngan AKibat Beban Gelombang Pada Struktur kapal Perang tipe Corvette. Surabaya: Tugas Akhir S1, Jurusan Teknik Perkapalan, Fakultas Teknologi Kelautan, Institut Teknologi Seouluh Nopember.


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.