Penerapan Teknologi Virtual Reality pada Perangkat Bergerak berbasis Android untuk Mendukung Terapi Fobia Laba-laba (Arachnophobia)

Ardhana Praharsana, Darlis Herumurti, Ridho Rahman Hariadi
Submission Date: 2017-01-17 22:06:56
Accepted Date: 2017-03-17 10:12:41

Abstract


Fobia laba-laba adalah rasa kecemasan berlebih yang muncul ketika penderita merasa ada laba-laba didekatnya. Fobia laba-laba bisa disembuhkan dengan terapi. Terapi yang dilakukan bertujuan agar penderita terbiasa dengan ketakutan yang dideritanya. Terapi dilakukan dengan cara menempatkan penderita untuk bertemu dengan ketakutannya berulang kali, mulai dari yang tidak menakutkan hingga situasi yang sangat menakutkan. Proses terapi dapat disimulasikan dalam bentuk realitas virtual. Hasil pengujian aplikasi terapi fobia laba-laba yang menggunakan empat tingkat situasi ini dapat membantu pengguna untuk mengetahui seberapa takut mereka terhadap laba-laba yang sering dihadapi di d unia nyata dan juga dapat membantu terapis dalam melakukan penanganan lebih lanjut pada penderita fobia laba-laba.Pengembangan aplikasi kedepannya bisa dilakukan dengan mendalami tentang proses terapi fobia laba-laba, pembuatan objek yang lebih mendukung aplikasi fobia laba-laba, dan bimbingan rutin dengan terapis agar pengembangan bisa lebih efektif.

 


Keywords


Google Cardboard; terapi; Arachnophobia;

References


“Arachnophobia,” [online] Available: https://en.wikipedia.org/wiki/Arachnophobia.

Wikipedia, "Google Cardboard," Google, 25 June 2014. [Online]. Available: https://en.wikipedia.org/wiki/Google_Cardboard.

"Cognitive Behavioral Therapy," [Online]. Available: https://en.wikipedia.org/wiki/Cognitive_behavioral_therapy. [Accessed 20 March 2016].

"infosehatkeluarga," 2013. [Online]. Available: http://www.infosehatkeluarga.com/7-cara-menghilangkan-phobia-rasa-takut-berlebihan/. [Accessed 22 May 2016].

A. Nalwan, Pemrograman Animasi dan Game Profesonal, Jakarta: Elex Media Komputindo, 1998.

Unity, "Game engine, tools and multi platfrom," Unity, [Online]. Available: http://unity3d.com/unity. [Accessed 9 april 2014].

S. Bouchard, S. Cˆot´e, J. St-Jacques, G. Robillard and P. Renaud, "Effectiveness of virtual reality exposure in the treatment of arachnophobia using 3D games," 2005.


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.