Pemodelan dan Analisis Pengaruh Variasi Luasan Sisi Kompresi dan Ekspansi dengan Perubahan Diameter Piston, Orifice dan Piston Rod terhadap Gaya Redam Shock Absorber dan Respon Dinamis Sepeda Motor Yamaha Mio J

Muhammad Fauzi Rahman
Submission Date: 2017-01-23 10:49:32
Accepted Date: 2017-03-17 10:12:43

Abstract


Saat ini perkembangan dunia industri dan teknologi terus mengalami kemajuan yang sangat pesat, salah satunya dibidang otomotif. Banyaknya jumlah spare-parts kendaraan motor yang diimpor sangat berpengaruh terhadap sektor industri otomotif di indonesia. Dimana ketika nilai tukar rupiah yang melemah terhadap dollar AS maka akan semakin meningkat pula nilai beli spare part dari kendaraan motor. Untuk mengatasi hal tersebut tentunya perlu dilakukan pengembangan terhadap spare part motor salah satunya dengan mereduksi dimensi yang ada pada sistem suspensi sepeda motor sehingga dapat memperkecil biaya manufaktur. Dalam penelitian ini, dilakukan redesign suspensi kendaraan motor mio J dengan merubah parameter-parameter yang terdapat pada sistem suspensi untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif dan efisien. Analisis sistem suspensi yang dilakukan didasarkan pada pemodelan setengah kendaraan. Perubahan parameter yang ada pada sistem suspensi ini seperti variasi diameter piston (Dp) sebesar 0.02 – 0.018 m, variasi diameter piston rod sebesar 0.010 – 0.004 m dan variasi diameter orifice sebesar 0.002 – 0.001 m. Setelah melakukan perubahan parameter tersebut selanjutnya dilakukan analisa kekuatan pada piston rod. Sehingga dalam tugas akhir ini nantinya didapatkan suatu sistem suspensi yang lebih efisien dan tetap memperhatikan kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Dari hasil modifikasi pada sistem suspensi hydraulic shock absorber didapatkan bahwa gaya redam yang dihasilkan dipengaruhi oleh perubahan parameter modifikasi pada sistem suspensi. Gaya redam pada sistem suspensi asli dan modifikasi sebesar 399 N dan 526 N. Penentuan gaya redam tersebut didapatkan berdasarkan nilai damping ratio. Perubahan dimensi pada sistem suspensi hydraulic shock absorber tidak terlalu signifikan nilainya sehingga berdasarkan analisa kekuatan dengan pembebanan statis dan dinamis masih dalam batas aman. Pada sistem setengah kendaraan pada penggunaan sistem suspensi modifikasi dengan input bump modified respon penumpang untuk mencapai kondisi steady state kurang dari 1,5 detik. Sedangkan untuk input sinusoidal respon penumpang untuk mencapai kondisi steady state kurang dari 2 detik. Pada penggunaan sistem suspensi modifikasi hasil dari nilai RMS percepatan getaran penumpang masih memiliki nilai yang lebih rendah dibandingkan dengan sistem suspensi asli. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perubahan paramater modifikasi pada sistem suspensi hydraulic shock absorber memiliki kenyaman yang lebih baik.

Keywords


sistem suspensi, hydrolic shock absorber, respon dinamis, sistem suspensi motor, kompresi, ekspansi.

References


Rao, Singiresu S. 2011. Mechanical Vibrations Fifth Edition. Miami: Pearson Education, Inc.

Sutantra, Nyoman I. 2001. Teknologi Otomotif Teori dan Aplikasinya. Surabaya: Penerbit Guna Widya.

ISO: Guide for The Evaluation of Human Exposure to Whole-Body Vibration. 1997. International Standart 2631. International Organization for Standardization.

Fox dan McDonald’s. 2011. Introduction to Fluid Mechanics Eighth Edition. Amerika: John Wiley & Sons, Inc.

Hestingrum, Yunita dan Laksana Guntur, Harus. 2015. Pemodelan dan Analisis Pengaruh Perubahan Parameter Sistem Suspensi Oleo-Pneumatic terhadap Gaya Redam dan Gaya Pegas serta Respon Dinamis Penumpang Pesawat Boeing 747-400 Proses Landing dan Takeoff. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Rahmawati, Istina dan Laksana Guntur, Harus. 2016. Pemodelan dan Analisis Pengaruh Perubahan Parameter Sistem Suspensi Hydro Pneumatic Terhadap Gaya Redam dan Gaya Pegas serta Respon Dinamis Mobil. Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Olviani, Chika dan Laksana Guntur, Harus. 2014. Analisa Kenyamanan Kendaraan Roda Dua dengan Pemodelan Pengendara sebagai Sistem Multi D.O.F. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Mulyo, Citro. 2013. Modul “Melakukan Perbaikan Sistem Suspensi”. Pemalang: Sekolah Menengah Kejuruan Nusa Mandiri Pemalang.

Yalcin, B., Ucun, I., Usal, M.R. (2009) Failure Analysis of a Shock Absorber Piston Produced by Powder Metallurgy Processing. 5th International Advanced Technologies Symposium

Mulyo, Citro. 2013. Modul “Melakukan Perbaikan Sistem Suspensi”. Pemalang: Sekolah Menengah Kejuruan Nusa Mandiri Pemalang.

Aisi. 2016. Data Penjualan Motor Indonesia. Diambil dari www.aisi.or.id


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.