Studi Eksperimen Dan Numerik Pengaruh Slat Clearance Serta Slat Angle Untuk Mengeliminasi Stall Pada Airfoil “ Studi kasus airfoil NACA 2412”

Arwanda Wahyu Eko Sadewo, Herman Sasongko
Submission Date: 2017-01-23 10:52:30
Accepted Date: 2017-03-17 10:12:42

Abstract


Fase take off dan landing merupakan fase yang paling kritis diantara fase – fase dalam operasi penerbangan. Pada saat take off sayap pesawat diposisikan pada angle of attack yang cukup besar, sehingga aliran udara akan melawan adverse pressure yang lebih besar sampai saat dimana aliran tidak mampu melawan adverse pressure aliran akan terseparasi. Jika terjadi separasi permanen sesaat setelah aliran melintasi leading edge di sektor upper side maka bisa mengakibatkan terjadinya stall pada pesawat. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, dibutuhkan slat pada bagian depan sayap sebagai penuntun aliran pada leading edge untuk memasuki daerah upper side secara halus dengan akselerasi yang kuat. Penelitian ini dilakukan dengan eksperimen dan numerik. Benda uji yang digunakan adalah airfoil NACA 2412 dengan slat dan tanpa slat. Variasi slat clearance dan slat angle yaitu S/c : 0,05; 0,07; 0,09; (β): 0°, 3°, 5°. Hasil penelitian ini adalah konfigurasi B merupakan konfigurasi optimum dalam mengeliminasi stall pada angle of attack (α) 8°, sedangkan konfigurasi H merupakan konfigurasi optimum dalam mengeliminasi stall pada angle of attack (α) 16°.

Keywords


airfoil NACA 2412; slat; slat clearance; slat angle

References


Souza, D.S., Rodriguez, D., Simoes, L.G.C., Medeiros, M.A.F, 2014. Effect of an excrescene in the slat cove : Flow-field, acoustic radiation and coherent structures. Aerospace Science and Technology. 2015, vol 44. Pp.108-115.

Ge, C., Ren, L., Liang, P., Zhang, C., Zhang, Z. 2013. High-Lift Effect of Bionic Slat Based on Owl Wing. Journal of Bionic Engineering 2013, vol 10, Pp. 456-463.

Tung, C., McAlister, K.W., Wang, C.M. 1993. Unsteady Aerodynamic Behavior of An Airfoil With and Without a Slat. Computers Fluids Vol. 22, No. 4/5, Pp. 529-547.

Savory, E., Toy, N., Tahouri, B., Dalley, S. 1992. Flow Regimes in the Cove Region Between a Slat and Wing and Between a Wing and Flap of a Multielement Airfoil. Experimental Thermal and Fluid Science 1992 Vol. 5, Pp. 307-316.


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.