Pemodelan dan Analisis Pengaruh Perubahan Parameter Variable Orifice Sistem Suspensi Hidrolik Terhadap Gaya Redam yang Dihasilkan dan Respon Dinamis Penumpang pada Sepeda Motor Honda Beat 2009

Ayu Aulia Hakim, Harus Laksana Guntur
Submission Date: 2017-01-23 11:49:26
Accepted Date: 2017-03-17 10:12:43

Abstract


Salah satu kendaraan yang paling banyak dipakai masyarakat Indonesia adalah sepeda motor. Kendaraan ini harus di desain senyaman mungkin agar pengendara tidak mudah lelah terutama saat berjalan di jalan yang tidak rata. Salah satu aspek yang dapat mempengaruhi kenyamanan sepeda motor saat dikendarai adalah kemampuan sistem suspensi untuk meredam getaran yang ditimbulkan oleh mesin motor itu sendiri maupun akibat profil jalan yang tidak rata. Salah satu cara untuk meningkatkan kenyamanan yaitu memodifikasi sistem suspensi hidrolik dengan variable orifice. Dalam tugas akhir ini dilakukan pemodelan dan simulasi dari sistem setengah kendaraan sepeda motor dengan perubahan parameter pada sistem suspensi hidroliknya. Parameter yang diubah adalah dimensi dan posisi dari orifice yang awalnya berbentuk lingkaran dengan diameter 0,0019m menjadi bentuk persegi panjang dengan lebar 0,002834m dan panjang 0,003m. Sistem suspensi dan sistem setengah kendaraan sepeda motor dengan pemasangan sistem suspensi variable orifice disimulasikan pada MATLAB. Parameter yang dibutuhkan untuk menjalankan simulasi seperti diameter piston (0,01616m), piston rod (0,0081m), dan orifice, selain itu juga parameter dari kendaraan seperti massa (44,65kg), seluruh koefisien pegas dan damping pada kendaraan. Simulasi dilakukan untuk mencari gaya redam dan respon dinamis yang lebih baik dari sistem suspensi sebelum modifikasi.Dari hasil simulasi pada sistem suspensi variable orifice shock absorber didapatkan bahwa perubahan dimensi dan posisi dari orifice mempengaruhi besarnya gaya redam yang terjadi serta mengubah karakteristik dari respon dinamis yang ditimbulkan oleh penumpang pada kendaraan dengan penggunaan sistem suspensi tersebut. Gaya redam terbesar dimiliki oleh sistem suspensi variable orifice pada semua variasi frekuensi saat kompresi maupun ekspansi. Karakteristik dari gaya redam sistem suspensi variable orifice mengikuti besarnya perpindahan piston, setiap perpindahan piston akan menghasilkan nilai gaya redam yang berbeda. Respon dinamis berupa perpindahan, kecepatan, dan percepatan pada sistem suspensi variable orifice pada semua variasi frekuensi memiliki nilai yang lebih kecil dibanding dengan sistem suspensi sebelum modifikasi. Untuk percepatan RMS dan perpindahan RMS pada sistem suspensi variable orifice masih lebih baik dibanding dengan sistem suspensi sebelum modifikasi.

Keywords


sistem suspensi sepeda motor, hidrolik shock absorber, respon dinamis, parameter, variable orifice.

References


International Standard Organization. 1997. ISO 2631-1 Mechanical Vibration and shock – Evaluation of Human Eksposure to Whole Body Vibration Part 1: General requirements.

Rao, Singiresu S. 2011. Mechanical Vibrations Fifth Edition. Miami: Pearson Education, Inc.

Rahmawati, Istina dan Laksana Guntur, Harus. 2015. Pemodelan dan Analisis Pengaruh Perubahan Parameter Sistem Suspensi Hydro-pneumatic Terhadap Gaya Redam dan Gaya Pegas Serta Respon Dinamis Mobil. Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Tae, Lee Choon dan Young, Byung Moon. 2004. Simulation and Experimental Validation of Vehicle Dynamic Characteristics for Perpindahan-sensitive Shock Absorber. Korea Selatan : Busan National University.


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.