Analisis Perbandingan Respon Dinamis dari Kendaraan yang Menggunakan Sistem Suspensi Hidrolik dengan Kendaraan yang Menggunakan Sistem Suspensi Modifikasi Penambahan Single Flywheel

Bella Kartika Ferani, Harus Laksana Guntur
Submission Date: 2017-01-23 19:53:14
Accepted Date: 2017-03-17 10:12:44

Abstract


Indonesia dilaporkan mengalami kenaikan jumlah kecelakaan lalu lintas hingga lebih dari 80 persen. Mobil penumpang, yang tergolong dalam Multi Purpose Vehicle (MPV) menempati posisi kedua dalam keterlibatan kendaraan dalam kecelakaan. Salah satu penyebab kecelakaan yang hampir sering terjadi yaitu kondisi permukaan jalan yang tidak rata, sehingga pada saat mobil melaju kencang melewati jalan yang bergelombang akan melayang. Hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan sistem suspensi pada kendaraan MPV yang berdampak pada berkurangnya tingkat kenyamanan dan keamanan pengemudi dan penumpang kendaraan saat menerima getaran berlebih. Salah satu cara untuk meningkatkan performa sistem suspensi dari MPV yaitu memodifikasi sistem suspensi hidrolik dengan sistem suspensi mekanis melalui pemanfaatan konsep flywheel. Flywheel tersebut digunakan untuk menyimpan energi rotasi yang dapat dimanfaatkan sebagai energi redaman. Dalam tugas akhir ini dilakukan pemodelan dan simulasi dari perubahan parameter yang ada pada sistem suspensi hidrolik dan sistem suspensi modifikasi penambahan single flywheel terhadap gaya redam, serta respon dinamis dari kendaraan dan penumpang. Densitas dari material flywheel yang divariasikan yaitu cast iron (6800 kg/m3), stainless steel (7480 kg/m3), dan brass-casting (8400 kg/m3). Sedangkan untuk frekuensi input sistem suspensi divariasikan dari 0.5 Hz hingga 2 Hz dengan kenaikan setiap 0.5 Hz. Input yang digunakan pada simulasi ini yaitu input sinusoidal dan bump modified. Dari penelitian ini, didapatkan hasil bahwa nilai gaya redam yang dihasilkan pada sistem suspensi single flywheel lebih tinggi dibandingkan dengan sistem suspensi hidrolik pada beberapa variasi frekuensi. Pada sistem seperempat kendaraan mobil dengan penggunaan sistem suspensi hidrolik, karakteristik respon kendaraan dan penumpang mencapai kondisi steady state kurang dari 3 detik dan 4 detik. Sedangkan pada sistem suspensi modifikasi penambahan single flywheel, respon kendaraan dan penumpang mencapai kondisi steady state kurang dari 2 detik. Pada kedua sistem suspensi tersebut menunjukkan peningkatan nilai perpindahan RMS mulai kecepatan 20 km/jam hingga 40 km/jam, kemudian mengalami penurunan hingga kecepatan 80 km/jam. Apabila dibandingkan dengan standar ISO 2631, pada penggunaan sistem suspensi hidrolik dan sistem suspensi modifikasi penambahan single flywheel, mulai kecepatan 60 km/jam dapat dikatakan tidak nyaman, sehingga kedua sistem suspensi tersebut kurang cocok digunakan pada kecepatan tinggi.

Keywords


parameter, respon dinamis, suspensi hidrolik, suspensi modifikasi, single flywheel, variasi, seperempat kendaraan

References


Sutantra, Nyoman I. 2001. Teknologi Otomotif Teori dan Aplikasinya. Surabaya: Penerbit Guna Widya.

Poonamohan, Pinjarla, Kishore Lakshmana.2012. Design and Analysis of a Shock Absorber. India: GIET.

C. Smith, Malcolm, dkk. Synthesis of Mechanical Networks: The Inerter. Cambridge: University of Cambridge.

Alvarez-Sanchez, Ervin.2013. A Quarter-Car Suspension System: Car Body Mass Estimator and Sliding Mode Control. Mexico: Universidad Veracruzana.


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.