Studi Kinerja 802.11P pada Protokol Ad Hoc On-Demand Distance Vector (AODV) di Lingkungan Vehicular Ad Hoc Network (VANET) Menggunakan Network Simulator 2 (NS-2)

Ilmal Alifriansyah Rahardjo, Radityo Anggoro, F.X. Arunanto
Submission Date: 2017-01-24 10:02:52
Accepted Date: 2017-03-17 10:12:41

Abstract


Dalam dunia jaringan nirkabel sudah tidak asing dengan salah satu konsep yang memungkinkan komunikasi antar kendaraan (inter-vehicle) dan komunikasi antara kendaraan dengan infrastruktur dis sekitar jalan (vehicle-to-roadside). Konsep ini juga merupakan subset dari dari Mobile Ad-Hoc Network (MANET), yaitu Vehicular Ad-hoc Network (VANET). Pada VANET kendaraan yang ada bertindak sebagai node pada suatu jaringan. VANET terdiri dari banyak node yang juga berfungsi sebagai router. Berbeda dengan MANET, tingkat mobilitas pada VANET lebih tinggi. Tujuan utama dari adanya VANET ini adalah nantinya dapat digunakan untuk menciptakan dan menyediakan aplikasi-aplikasi transportasi untuk mendukung keamanan maupun kenyamanan bagi pengendara. Hal ini tentunya memerlukan implementasi protokol routing yang sesuai dengan karakteristik dari VANET dimana kendaraan-kendaraan yang notabene memiliki dinamika pergerakan node yang tinggi dalam suatu jaringan. Salah satu protokol routing reaktif yang telah teruji dalam VANET adalah routing protokol  Ad hoc On-Demand Distance Vector (AODV). Dan pada Studi ini dilakukan analisis performa dari routing protokol  Ad hoc On-Demand Distance Vector (AODV) tersebut dengan parameter 802.11p dalam lingkungan VANET. Dari percobaan Studi ini dihasilkan suatu performa bahwa routing protokol AODV dengan parameter 802.11p pada skenario riil mengalami peningkatan nilai rata-rata pada packet deliery ratio dan routing overhead dan mengalami penurunan nilai rata-rata pada delay seiring dengan bertambahnya kepadatan kendaraan dibandingkan dalam skenario grid.



Keywords


AODV; VANET; Network Simulator; NS-2; 802.11p

References


A. M. C dan T. C, “A CLUSTER BASED ENHANCEMENT TO AODV FOR INTER-VEHICULAR COMMUNICATION IN VANET,” Int. J. Grid Comput. Appl. IJGCA, vol. 3, hal. 41–50, Sep 2012.

“A Noble Routing Protocol for Vehicular ad hoc Networks (VANETs) with Less Routing Overheads,” Int. J. Future Gener. Commun. Netw., vol. 7, hal. 23–34, 2014.

B. Ramakrishnan, “Performance Analysis of AODV Routing Protocol In Vehicular Ad-hoc Network Service Discovery Architecture,” ARPN J. Syst. Softw., vol. 2, hal. 65–72, Feb 2012.

G. Gautam dan B. Sen, “Design and Simulation of Wireless Sensor Network in NS2,” Int. J. Comput. Appl. 0975 – 8887, vol. 113, hal. 14–16, Mar 2015.

“DLR - Institute of Transportation Systems - SUMO – Simulation of Urban MObility.” [Daring]. Tersedia pada: http://www.dlr.de/ts/en/desktopdefault.aspx/tabid-9883/16931_read-41000/. [Diakses: 18-Jan-2017].

“NETCONVERT - Sumo.” [Daring]. Tersedia pada: http://sumo.dlr.de/wiki/NETCONVERT. [Diakses: 01-Jan-2017].

P. TS, “SUMO, Open Street Maps and NS2 - A Real Traffic Simulation.”.

K. Thenmozhi dan D. E. Ramaraj, “Routing Overhead in MANET - Minimization with Multipath Local Route Discovery Routing Protocol,” Int. J. Eng. Trends Technol. IJETT, vol. 13, hal. 144–147, Jul 2014.

P. Rohal, R. Dahiya, dan P. Dahiya, “Study and Analysis of Throughput, Delay and Packet Delivery Ratio in MANET for Topology Based Routing Protocols (AODV, DSR and DSDV),” Int. J. Adv. Res. Eng. Technol., vol. 1, no. II, hal. 54–58, Mar 2013.

“NETGENERATE - Sumo.” [Daring]. Tersedia pada: http://sumo.dlr.de/wiki/NETGENERATE. [Diakses: 01-Jan-2017].

“OpenStreetMap,” OpenStreetMap. [Daring]. Tersedia pada: https://www.openstreetmap.org/. [Diakses: 30-Des-2016].

Jagadevi dan D. S. Terdal, “Performance Evaluation of IEEE 802.11p MAC Protocol for VANETs,” Int. J. Sci. Res. IJSR, vol. 4, no. 9, hal. 711–715, Sep 2015.


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung