Evaluasi Ketersediaan Gate Di Terminal 3 Ultimate Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta

Andree Noviar Pradana, Ervina Ahyudanari, Istiar Istiar
Submission Date: 2017-01-24 12:36:15
Accepted Date: 2017-03-17 10:12:43

Abstract


Gate sebagai akses yang digunakan untuk proses perpindahan penumpang dari terminal menuju ke sisi udara bandara. Dan sebaiknya untuk itu, pengaturan gate sangat berpengaruh dalam mengoptimalkan waktu pemakaian mulai dari pesawat mendarat hingga keberangkatan selanjutnya. Dalam evaluasi ketersediaanya gate terkadang hanya diperuntukkan untuk maskapai tertentu. Hal ini mempengaruhi jumlah gate yang tersedia. Adapun keterlambatan penerbangan yang terjadi juga dapat disebabkan oleh pengaturan gate yang kurang optimal, sehingga pesawat harus mengantri untuk lepas landas ataupun parkir di apron. Dalam mengevaluasi ketersediaan gate, maka dilakukan pengumpulan data aktivitas pesawat selama parkir di apron. Data yang diperoleh adalah data waktu block on dan block off, data penggunaan parking stand, dan jadwal penerbangan pesawat tiap maskapai. Data-data tersebut kemudian diplot sesuai jadwal penerbangan. Dari hasil plotting dapat diketahui gate-gate yang masih memungkinkan untuk digunakan. Dari hasil evaluasi yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa dari 167 turnaround flight hanya 10 penerbangan yang dapat melakukan pelayanan ground handling secara on time. Dan dari hasil peramalan didapatkan di tahun 2025 gate sudah tidak dapat melayani secara optimal. Sehingga dapat disimpulkan bahwa jumlah gate belum memenuhi kebutuhan pergerakan pesawat yang beroperasi terutama pada peak hour.

Keywords


Apron; Evaluasi Ketersediaan Gate; Pergerakan Pesawat; Parking Stand; Gate

References


Keputusan Menteri Perhubungan No. 11 tahun 2010 Tentang Tatanan Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Data Statistik. Kantor Pusat Statistik Angkasa Pura II. Tangerang, 2016.

Horonjeff, R. F. Mckelvey, X.. Sproule, W. J and Young, S. B. 2010. Planning and Design of Airports, Fifth Edition. The McGraw-hill Companies, Inc.

Aircraft Manual For Airport Design. 2013. http://www.boeing.com/assets/pdf/commercial/airports/acaps/737.pdf.

Kreditgogo.com., 2016 5 Fakta Tentang Terminal 3 Ultimate Soekarno-Hatta,

Rahayu, H., Ahyudanari, E. (2016). “Evaluasi Kinerja Gate Assignment pada Terminal 1 Keberangkatan Domestik Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya”. Jurnal Teknik Vol.5, No 1. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Sari, N. 2005. Analisa Penentuan Jumlah Gate pada Terminal Keberangkatan Domestik di Bandara Internasional Juanda Surabaya (Terminal Lama). Tugas akhir. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Ashford, N. J., Mumayiz, S., dan Wright, P. H. 2011. Airport Engineering : Planning, Design, and Development of 21st Century Airports, Fourth Edition. Hoboken : John Wiley & Sons, Inc.

Noviar, P. A. 2017. Evaluasi Ketersediaan Gate di Terminal 3 Ultimate Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. Tugas Akhir. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung