Penentuan Faktor-Faktor Pemilihan Park & Ride Sebagai Fasilitas Pergerakan Komuter Pada Koridor Bekasi-Jakarta

Mohamad Faridz Nazalaputra, Ketut Dewi Martha Erli H
Submission Date: 2017-01-24 18:17:17
Accepted Date: 2017-03-17 10:12:43

Abstract


Kemacetan di DKI Jakarta terjadi karena adanya mobilitas penduduk JABODETABEK yang menggunakan kendaraan pribadi menuju DKI Jakarta setiap hari. Park & ride merupakan sebuah fasilitas penunjang moda transportasi KRL yang dapat mengalihkan pengguna pribadi untuk menggunakan moda transportasi KRL. Dalam optimalisasi fasilitas park & ride, perlu dilakukan penelitian untuk mencari faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan park & ride pada Koridor Bekasi-Jakarta. Dengan menggunakan teknik analisis crosstab dan korelasi bivariat, dihasilkan faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan park & ride sebagai fasilitas pergerakan komuter pada Koridor Bekasi-Jakarta. Faktor-faktor yang memiliki pengaruh signifikan terhadap pemilihan park & ride sebagai fasilitas pergerakan komuter pada Koridor Bekasi-Jakarta adalah faktor biaya parkir, lama parkir, kenyamanan fasilitas parkir, jenis pekerjaan, maksud perjalanan, waktu tempuh KRL, jarak tempat tinggal menuju stasiun asal, jarak tempuh KRL, biaya perjalanan dan penggunaan moda pada stasiun pemberhentian. Dari 10 faktor tersebut, faktor maksud perjalanan memiliki nilai korelasi paling besar terhadap pemilihan park & ride sebagai fasilitas pergerakan komuter.

Keywords


Park & Ride; Faktor Pengaruh

References


Alyia, Sharifah Adibah (2013). Evaluating the Parking Demand at Park and ride Facility at Putrajaya Public Transportation Terminal. Journal, International Islamic University Malaysia. Kuala Lumpur. Antariksa. (2010).

Badan Pusat Statistik Kota Bekasi. 2015. Statistik Komuter Kota Bekasi Tahun 2014. Kota Bekasi : BPS

Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta. Komuter DKI Jakarta Tahun 2014. Provinsi DKI Jakarta : BPS

Damanik, R. (2006). Analisis Manfaat bagi Pengguna Sistem Park & Ride Sepeda Motor di jabodetabek. Tesis Program Magister Bidang Ilmu Teknik: Universitas Indonesia

Erli, Ketut Dewi Martha. (2009) The Relevance Of Urban Form As Determinant Of Travel Behavior Change In Indonesian Neighborhood Level. Jurnal. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Guntur, Andi (2014). Fasilitas Park and ride Sebagai Bagian dari Pelayanan Kereta Api Perkotaan (Studi Kasus: Kereta Api Perkotaan Bandung., Jurnal.Institut Teknologi Bandung. Bandung.

Hamid, Norlida Abdul (2008). Travel behavior of the Park and ride users and the factors influencing the demand for the use of the Park and ride facility. Universiti Teknologi Malaysia. Johor.

Hole, Arne Risa. (2004). Forecasting the demand for an employee Park and ride service using commuters’ stated choices.University of St Andrews. Scotland.

Islam, Shahi Tapshsir (2015). Exploring the Mode Change Behavior of Park-and-Ride Users. Research Article. Hindawi.

Limaryantamarico. (2015). Analisis Kebutuhan Park and ride BRT Trans Musi Pada Kawasan Seberang Ulu Palembang. Jurnal. Universitas Lampung. Lampung.

Miro, Fidel, 2002, Perencanaan Transportasi, Erlangga, Jakarta

Olsson, Anna-Lena. (2003). Factor That Influence Choice of Travel Mode in Major Urban Areas “The attractiveness of Park & Ride”. Division of Transportation and Logistic.

South Yorkshire Passenger Transport Authority, (2012), Park & Ride Strategy 2006-2011.

Spillar, Robert J (1997). Park and ride Planning and Design Guideline, Parsons Brinckerhoff inc.

Tamin, Ofyar Z, 2000, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, ITB,Bandung

Vincent, Mike. (2007). Park and ride: Characteristics and demand forecasting. Land Transport New Zealand.


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung