Analisis Stabilitas Arah Mobil Toyota Agya G dengan Variasi Jumlah Penumpang, Kecepatan Belok, Sudut Belok dan Kemiringan Melintang Jalan

Faisal Rahman, Achmad Syaifudin, I Nyoman Sutantra
Submission Date: 2017-01-25 03:47:50
Accepted Date: 2017-03-17 10:12:41

Abstract


Mobil jenis Low Cost Green Car (LCGC) semakin banyak digunakan masyarakat karena harganya yang murah dan ramah lingkungan. Meski termasuk kendaraan dengan biaya produksi yang rendah, adanya analisis perilaku arah kendaraan tetap diperlukan untuk menjamin kenyamaan dan keamanan pengemudi. Pada penelitian ini, analisa slip, skid dan guling dilakukan untuk mengetahui stabilitas kendaraan jenis LCGC, yaitu Toyota Agya. Pengaruh jumlah penumpang, kecepatan, sudut belok dan kemiringan melintang jalan terhadap slip, skid dan guling juga diperhitungkan. Sebagai komparatif studi, uji jalan dilakukan untuk mendapatkan koefisien understeer dan mengetahui kecepatan kendaraan dalam kondisi skid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mobil Toyota Agya mengalami kondisi stabilitas paling baik ketika dinaiki oleh 2 orang penumpang dengan sudut kemiringan melintang jalan 5.7°. Sedangkan kecepatan maksimum kendaraan tidak terguling terjadi pada kecepatan 94,987 km/jam untuk sudut belok 5° dan pada kecepatan 46,585 km/jam sudut belok 25°.

Keywords


guling; koefisien understeer; oversteer; skid; slip

References


Gaikindo. (2014). Domestic Market & Exim. Retrieved from www.gaikindo.or.id: http://www.gaikindo.or.id/data-by-category-2014/

Badan Pusat Statisitik, 2013. Jumlah Angka Kecelakaan pada 1987-2013,

Komisi Nasional Keselamatan Transportasi, (2014). Laporan Investigasi KNKT Jalan Raya. Accesed at www. http://knkt.dephub.go.id/:http://knkt.dephub.go.id/webknkt/investigasi_report.php?id=15

TOYOTA ASTRA MOTOR (2016) Accesed at 16.05.16 http://www.toyota.astra.co.id/product/agya/#specifications

Sutantra, I Nyoman, dan Bambang Sampurno. 2010. Teknologi Konstruksi Otomotif, Edisi Kedua. Surabaya: Guna Widya.


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lembaga Penjaminan Mutu, Pengelolaan dan Perlindungan Kekayaan Intelektual (LPMP2KI) ITS
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.