Analisis Kinerja Traksi dan Redesign Rasio Transmisi pada Panser ANOA APC 3 6x6

Muhamad Johan Putra Prasetya, I Nyoman Sutantra
Submission Date: 2017-01-27 10:53:12
Accepted Date: 2017-03-17 10:12:43

Abstract


Salah satu produk dari PT.PINDAD adalah Panser ANOA APC yang merupakan kendaran untuk kebutuhan militer dari negara Indonesia. Dari informasi yang di dapat dari PT.PINDAD bahwa Panser ANOA APC 3 6x6 memiliki permasalahan yaitu terbatasnya kemampuan panser untuk jalanan dengan gradeability rendah. Dalam penelitian ini, penulis akan melakukan dua tahapan pengujian.Tahap pertama, dilakukan analisis karakteristik panser anoa apc 3 6x6 pada kondisi standar. Selanjutnya tahap kedua dilakukan evaluasi terhadap grafik karakteristik traksi kondisi rasio panser anoa apc 3 6x6 standar, dilanjutkan dengan proses redesign tingkat transmisi untuk mengoptimalkan kinerja panser anoa apc 3 6x6 menggunakan teori progressi geometri. Dari penelitian ini diperoleh grafik karakteristik traksi mobil untuk kondisi rasio gigi standar serta hasil redesign dengan 5, 6 dan 7 tingkat kecepatan. Setelah dilakukan analisis, ternyata kendaraan Panser ANOA APC 3 6x6 tidak dapat melewati jalan dengan gradeability 40% dan 50%. Hasil redesign dengan menggunakan teori progressi geometry menunjukan bahwa panser ANOA APC 3 6x6 mampu melewati jalanan dengan gradeability 40% tetapi panser ANOA APC 3 6x6 masih belum mampu melewati tanjakan dengan gradeability 50% dikarenakan setelah dilakukan redesign, gaya traksi maksimum yang di hasilkan oleh panser adalah 58,82 kN untuk 5 dan 6 tingkat kecepatan sedangkan untuk 7 tingkat kecepatan 59,468 kN yang tidak lebih besar dari gaya hambat tanjakan pada gradeability 50% yaitu sebesar 60,542 kN.

Keywords


karakteristik traksi; redesign; rasio transmission; progressi geometry; gradeability.

References


Jazar, Reza N., “Vehicle Dynamic Theory”, Springer, Melbourne, 2009

Sutantra, I. Nyoman., Sampurno, Bambang., “Teknologi Otomotif Edisi Kedua, Institut Teknologi Sepuluh Nopember”, Guna Widya, Surabaya, 2010

Taborek, Jaroslav J. ,“Mechanics of Vehicles”, Penton Publishing Co., Ohio, 1957.

http://EnglishRussia.com/2012/06/17/hellish-vehicles-under-control/10/,diakses tanggal 21 januari 2017

ZF Friedrichshafen AG .Transmission gear ratio ZF 6HP502S . Accessed at http://www.webcat.zf.com/


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.