Perancangan Aplikasi Berbasis Android untuk Pemeriksaan Pengelasan pada Bangunan Kapal Baru

Reiza Achmafajri, Triwilaswandio Wuruk Pribadi
Submission Date: 2017-01-27 13:13:47
Accepted Date: 2017-03-17 10:12:44

Abstract


Kegiatan pemeriksaan pengelasan pada pembangunan kapal baru yang ada saat ini masih dilakukan secara manual dimana seorang welding inspector melakukan pemeriksaan mengacu pada form pemeriksaan. Kegiatan pemeriksaan pengelasan yang ada saat ini kurang efektif untuk dilakukan pada proses pembangunan kapal baru, hal ini dikarenakan minimnya fungsi pengawasan dan kontrol dari welding inspector yang menyebabkan terjadinya pemeriksaan ulang dan pekerjaan ulang. Tujuan dari studi ini adalah melakukan observasi sistem pemeriksaan pengelasan pada pembangunan kapal baru yang ada saat ini, merancang aplikasi berbasis android untuk panduan pemeriksaan pada pembangunan kapal baru, dan melakukan uji validitas aplikasi tersebutĀ  dalam meningkatkan efektivitas pemeriksaan pengelasan pada pembangunan kapal baru. Perancangan aplikasi dilakukan dengan pembuatan mock up aplikasi, desain interface, perancangan database, dan pengkodingan aplikasi tersebut. Aplikasi ini memiliki fitur daftar proses pemeriksaan, review hasil pemeriksaan, progress pemeriksaan pengelasan pada kapal, dan menu untuk menambahkan welding inspector. Uji coba aplikasi ini dilakukan kepada beberapa responden yang memiliki pengalaman pengawasan pembangunan kapal baru dan pihak-pihak yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang perkapalan. Dari hasil pengujian menggunakan kuisoner tersebut diperoleh kesimpulan bahwa aplikasi ini perlu diaplikasikan dalam mendukung proses pemeriksaan pengelasan pada pembangunan kapal baru.


Keywords


Aplikasi Android; Pemeriksaan Pengelasan Kapal; Welding Inspector; Aplikasi Android Pemeriksaan Pengelasan pada Bangunan Kapal Baru

References


Wiryosumarto, Okumura. 2010. Teknologi Pengelasan Logam. Yogyakarta: Pradnya Paramitha.

Widharto, Sri. 2013. Welding Inspection.Yogyakarta: Mitra Wacana Media

Soeweify. 2016. Inspeksi Las. Modul Kuliah. Tidak dipublikasikan. Surabaya: Jurusan Teknik Perkapalan FTK/ITS.

Manjunath. 2013. Membuat Aplikasi Android dengan Cordova. Jakarta: Gramedia.

Nugroho, Bunafit. 2004. PHP dan MySQL dengan Editor Dreamweaver MX. Yogyakarta: Andi.


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.