Rancang Bangun Ekstraksi Ekspresi Kata Kerja pada Ulasan Pelanggan Dengan Text Chunking untuk Memaparkan Pengalaman Penggunaan Produk

Almira Fiana Dhara, Rully Hendrawan
Submission Date: 2017-07-12 15:00:56
Accepted Date: 2018-03-13 08:50:55

Abstract


Saat ini, hampir seluruh situs e-commerce memiliki fitur ulasan pelanggan mengenai produk atau jasa yang telah dibeli dan dapat dibaca oleh seluruh pengguna Seiring berjalannya waktu, ulasan pelanggan tersebut terus bertambah semakin banyak, terutama pada produk dan jasa yang populer. Sehingga, e-commerce menambahkan beberapa fitur seperti rating, ulasan positif dan netral populer, dan beberapa fitur lainnya untuk memudahkan pengguna. Tetapi, hal yang luput diperhatikan oleh e-commerce adalah e-commerce tidak menonjolkan pengalaman seperti apa yang didapat pengguna saat menggunakan produk atau jasa. Padahal, pengalaman tersebut merupakan informasi penting bagi pengguna agar mengetahui kegunaan dan manfaat dari produk dan jasa tersebut.Oleh karena itu, diperlukan fitur yang dapat menampilkan pengalaman penggunaan produk secara ringkas sehingga pelanggan dapat mengetahui secara umum kegunaan dan manfaat dari produk tersebut. Pada penelitian ini, pengalaman penggunaan produk terbatas pada aktivitas yang dilakukan pengguna ketika memakai produk tersebut. Metode yang akan digunakan adalah membuat prototipe dengan Text Chunking untuk mengekstrak informasi mengenai pengalaman penggunaan produk dari ulasan pelanggan. Luaran yang diharapkan dari penelitian ini adalah perangkat lunak yang menampilkan daftar kata kerja yang sering muncul pada ulasan sebagai representasi aktivitas yang dilakukan pengguna ketika memakai produk.


Keywords


Online Reviews; CRM; Text Chunking

References