Realitas Virtual untuk Belajar Kosa Kata Bahasa Asing Menggunakan Teknologi Google Cardboard

Devira Wiena Pramintya, Darlis Herumurti, Anny Yuniarti
Submission Date: 2017-07-21 16:24:14
Accepted Date: 2018-01-09 21:27:31

Abstract


Penguasaan bahasa asing yang baik merupakan salah satu akses untuk meraih keberhasilan dalam berbagai bidang. Pengajaran bahasa biasanya terdapat empat bidang keterampilan yang dijadikan acuan kurikulum yaitu mendengarkan, membaca, berbicara, dan menulis. Saat ini teknologi informasi dan komunikasi hadir dalam semua aspek kehidupan. Realitas virtual dapat menjadi solusi untuk menangani permasalahan tersebut. Dengan dibangunnya aplikasi Realitas Virtual untuk Belajar Kosa Kata Bahasa Asing Menggunakan Google Cardboard, pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer dan dengan tambahan alat Google Cardboard pengguna semakin merasakan seperti sedang mencari objek-objek tersebut pada dunia nyata. Selain itu, pengguna juga mendapat pengetahuan kosa kata baru dari nama-nama objek-objek tersebut dalam berbagai bahasa yang diberikan oleh aplikasi yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan Bahasa Jepang. Berdasarkan pengujian aplikasi menggunakan hasil kuesioner responden dapat diketahui bahwa penilaian kenyamanan antarmuka oleh penguji mencapai 58,3%, kemiripan objek mencapai 79,1%, kegunaan informasi mencapai 91,6%, performa sistem mencapai nilai 75% dan perasaan immersive mencapai nilai 91,6%. Dengan dikembangkannya aplikasi ini, diharapkan dapat membantu untuk belajar mengenal kosa kata benda dalam berbagai bahasa asing.


Keywords


Bahasa;cardboard;realitas virtual

References


A. T. Dina dan S. I. Ciornei, “Teaching Less Widely Used Languages with Qualitative Multimedia Resources,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 128, hal. 246–250, Apr 2014.

L. Nathania, “Ini Bahasa yang Paling Banyak Digunakan di Dunia, Bahasa Inggris Nomor Tiga,” Tribunnews.com. [Daring]. Tersedia pada: http://www.tribunnews.com/iptek/2016/06/26/ini-bahasa-yang-paling-banyak-digunakan-di-dunia-bahasa-inggris-nomor-tiga. [Diakses: 13-Des-2016].

Suherman A., “PEMBELAJARAN BAHASA ASING,” Indonesia: Universitas Pendidikan Indonesia Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra.

Mazuryk, Tomasz. Virtual Reality History, Applications, Technology and Future. Austria : Institute of Computer Graphics Vienna University of Technology.

P. Bhawar, N. Ayer, dan S. Sahasrabudhe, “Methodology to Create Optimized 3D Models Using Blender for Android Devices,” in Technology for Education (T4E), 2013 IEEE Fifth International Conference on, 2013, hal. 139–142.

“House of Languages VR,” Experiences | Oculus. [Daring]. Tersedia pada: https://www.oculus.com/experiences/gear-vr/1129567930394285/. [Diakses: 13-Des-2016].

I. Hamilton, “Learn Spanish or German in House of Languages on Gear VR,” UploadVR, 28-Nov-2015. [Daring]. Tersedia pada: http://uploadvr.com/learn-spanish-or-german-in-house-of-languages-on-gear-vr/. [Diakses: 13-Des-2016].

“Samsung Gear VR Harga - Samsung Gear VR Spesifikasi | Indonesia,” Samsung id. [Daring]. Tersedia pada: http://www.samsung.com/id/wearables/gear-vr-r322/. [Diakses: 02-Jul-2017].

J. W. Wirawan, “Mencermati Pengajaran Bahasa Asing Pada Anak Usia Dini di Indonesia,” BBC Indonesia. [Daring]. Tersedia pada: http://www.bbc.com/indonesia/majalah/2015/08/150821_majalah_pendidikan_tk. [Diakses: 02-Jul-2017].

M. Dikiria, “Permainan Edukatif Sebagai Media Belajar Anak Usia Dini,” maya dikiria, 22-Mei-2011.

R. Hidayat, “Review Google Cardboard,” DroidLime.com, 02-Apr-2015.

A. Movies, “Skala Likert,” Academia, hal. 2, 2016.


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung