Implementasi Convolutional Code dan Viterbi Decode pada DSK TMS320C6416T

Erika Kusumasari Rosita, Suwadi Suwadi, Achmad Ansori
Submission Date: 2013-02-06 16:27:52
Accepted Date: 2013-03-13 00:00:00

Abstract


Dalam sistem komunikasi digital modern, dimana data ditransmisikan dalam bentuk bit-bit biner, dibutuhkan sistem yang tahan terhadap noise yang terdapat pada kanal transmisi, hal ini dibutuhkan agar data yang ditransmisikan  tersebut dapat diterima dengan benar. Kesalahan dalam pengiriman atau penerimaan data merupakan permasalahan yang mendasar yang memberikan dampak yang sangat signifikan pada sistem komunikasi. Untuk mengatasinya, maka diperlukan suatu metode pengkodean kanal yang mampu  mendeteksi kesalahan dan mengkoreksi kesalahan. Pada tugas akhir ini konvolusi code diimplementasikan pada sebuah DSP card seri TMS320C6416T untuk mengatasi masalah sistem komunikasi tersebut. Kode konvolusi  merupakan teknik Error Control Coding  untuk mendeteksi dan mengkoreksi error pada informasi akibat pengaruh noise. Analisis meliputi nilai BER yang diperoleh dengan mengubah parameter Eb/No pada blok AWGN,  dan uji coba rangkaian menggunakan DSK TMS320C6416T. Hasil penelitian menunjukkan sistem yang menggunakan konvolusi code dan viterbi decode dapat menurunkan probabilitas error dibandingkan dengan sistem model yang tidak menggunakan konvolusi code dan viterbi decode.


Keywords


Kode konvolusi , Viterbi decode, BER, DSK TMS320C6416

Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung