Peningkatan Pelayanan Penyediaan Air Minum Kota Blitar

Ichwan Rahmawan Widodo, Hari Wiko Indarjanto
Submission Date: 2017-07-24 21:16:49
Accepted Date: 2018-01-09 21:27:32

Abstract


Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Blitar melayani sekitar 38.160 jiwa dari total jumlah penduduk Kota Blitar 145.111 jiwa. Cakupan pelayanan PDAM sebesar 26% (2016), Dalam penelitian ini dilakukan analisis pada jaringan primer dan sekunder eksisting untuk mendapatkan kondisi sistem sebagai dasar peningkatan pelayanan. Peningkatan pelayanan dilakukan dengan analisis real demand survei yang bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi masyarakat agar berlangganan kembali. Analisis sistem menggunakan EPANET, yang mensimulasi jaringan sehingga didapatkan output berupa headloss, kecepatan aliran, dan sisa tekan.

Empat puluh satu pipa memiliki kecepatan aliran kurang dari 0,3 m/s berpotensi terjadi endapan suspended solid (Fe dan Mn) yang menyebabkan penyempitan pipa. Penyempitan ini akan meningkatkan headloss sistem sehingga dapat menurunkan tekanan air (terjadi pada blok 1, 2, 19, 20, 23 dan 24) yang menyebabkan air tidak dapat mengalir ke pelanggan. Pemasangan pipa paralel pada pipa yang memiliki headloss lebih dari 20 m ternyata dapat menurunkan headloss dan meningkatkan tekanan air. Peningkatan pelayanan, sumur bor masih dapat menampung debit peningkatan tahap 1 sebesar 130l/s dan tahap 2 sebesar 150l/s. Sistem perpipaan masih mampu digunakan untuk pengembangan tersebut.

Pelanggan mengharapkan pihak PDAM Kota Blitar agar melakukan perbaikan terutama terkait dengan tingkat kejernihan air, bau dan rasa air. PDAM perlu mengolah air sumur bor karena Fe dan Mn yang tinggi.


Keywords


Sistem Distribusi; Air Minum; PDAM; Kota Blitar; EPANET

References


Dep. PU Direktorat Jendral Cipta Karya. 2010. Standar Pelayanan Minimal Bidang Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Jakarta.

PT. Padma Duta Consultan. 2012. Rencana Pengamanan Air Minum (RPAM). Satuan Kerja Direktorat Pengembangan Air Minum Direktorat Jendral Cipta Karya Kementrian Pekerjaan Umum, Jakarta.

BSN Kota Blitar. 2016. Kota Blitar dalam angka tahun 2016. Badan Statistika Nasional, Blitar.

PDAM Kota Blitar. 2016. Rencana Induk Sistem Penyediaan Air Minum (RISPAM). PDAM Kota Blitar, Jawa Timur.

PDAM Kota Blitar. 2016. Kebijakan dan Strategi Daerah Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (Jakstrada PSPAM) Kota Blitar. PDAM Kota Blitar, Jawa Timur.

Handojo, WT. 2007. Analisa Kualitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum Kota Blitar. Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Dep. PU Direktorat Jendral Cipta Karya. 2007. Buku Panduan Pengembangan Air Minum, Jakarta.

Departemen Kimpraswil. 2002. Pedoman/Petunjuk Teknik dan Manual KIMPRASWIL. Badan Penelitian dan Pengembangan

SNI 19-6728.1-2002. Penyusunan Neraca Sumber Daya. Badan Standardisasi Nasional, Jakarta.

Noerbambang, SM dan Morimura T. 2000. Perancangan dan Pemeliharaan Sistem Plambing. Jakarta : Pradnya Paramita.

Dep. PU Direktorat Jendral Cipta Karya. 2007. Permen PU Tentang Penyelenggaraan Pengembangan SPAM, Jakarta.

Said, NI. 2007. Metode Praktis Penghilangan Zat Besi dan Mangan didalam Air Minum, Jakarta : Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi.

Supangat, Ai. 2010. Statistika: Dalam Kajian Deskriptif Inferensi dan Nonparametrik. Jakarta : Kencana

Safii, A. 2012, Evaluasi Jaringan Sistem Penyediaan Air Bersih di PDAM Kota Lubuk Pakam, Medan : Universitas Sumatera Utara.


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung