Pengembangan Aplikasi Peta Interaktif Tiga Dimensi Jurusan Teknik Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya Menggunakan Unity Engine

I Gusti Bagus Rogeri Ariefianto, Febriliyan Samopa, Nisfu Asrul Sani
Submission Date: 2017-07-25 13:14:14
Accepted Date: 2018-01-09 21:27:31

Abstract


Era teknologi informasi saat ini sudah memungkinkan kita untuk dapat melakukan proses virtual, dimana salah satunya adalah dengan bentuk peta interaktif tiga dimensi, diomana proses untuk mengunjungi suatu tempat digantikan dengan mengunjungi suatu dunia virtual dalam bentuk peta tiga dimensi. Prose vitualisasi semacam ini yang diahaprkan untuk dapat membantu penggunanya mendapatkan informasi secara lebih menarik. Objek dalam penelitian ini adalah Jurusan Teknik Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya. Objek gedung tersebut sudah pernah dijadikan bahan penelitian sebelumnya, namun klien sebelumnya kurang memahami bagaimana aplikasi tersebut dapat dipakai atau diubah isinya walau hanya sebagian. Melihat penelitian sebelumnya menyarankan untuk membuat aplikasi tersebut dapat diunggah dan digunakan pada web, dan bisa dimanfaatkannya fitur WWW yang ada di dalam Unity untuk mengambil data dari web, maka bisa dikembangkan aplikasi web untuk mengatur sebagian isi dari aplikasi Unity tanpa perlu melakukan build lagi ataupun membuka Unity Editor.

Keywords


3D, Unity, Peta Interaktif, Teknik Sipil ITS

References


E. Overby, "Process Virtualization Theory and The Impact of Information Technology," Organization Science, vol. 19, no. 2, pp. 277-291, 2008.

Z. M. C. Z. H. G. S. L. B. C. Sa Wang, "A new method of virtual reality based on Unity3D," in Geoinformatics, 2010 18th International Conference on, Beijing, China, 2010.

F. M. Purnama, Pengembangan Peta Interaktif Tiga Dimensi Jurusan Teknik Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember Menggunakan Unreal Engine, Surabaya: ITS, 2011.

F. A. Wicaksono, Pengembangan Peta Tiga Dimensi Interaktif Gedung Robotika Laboratorium Energi Dan NASDEC Institut Teknologi Sepuluh Nopember Menggunakan Unity 3D, Surabaya: ITS, 2014.

J. S. S. R. V. C. Philip Greenwood, "Using Game Engine Technology to Create Real-Time Interactive Environments to Assist in Planning and Visual Assessment for Infrastructure," in 18th Worlds IMACS / MODSIM Congress, Cairns, Australia, 2009.

J. Xie, "Research on Key Technologies Base Unity3D Game Engine," in Computer Science & Education (ICCSE), 2012 7th International Conference, Melbourne, Australia, 2012.

T. Kaneko, Teknologi Perpetaan Digital. Kursus Singkat Dasar dan Aplikasi Pemetaan Digital. Jurusan Teknik Geologi, FT-UGM 07/1995, (Tidak diterbitkan), 1995.

A. Thorn, Game Engine Design And Implementation, Jones & Bartlett Learning, 2010.

W. Z. B. Jiang Zhao Jun, "Ideas Transforming In The Public Arts Education Of Virtual Museum," in Computer Science & Education (ICCSE), 2011 6th International Conference, Singapore, 2011.


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung