KETERKAITAN KARAKTERISTIK PERGERAKAN DI KAWASAN PINGGIRAN TERHADAP KESEDIAAN MENGGUNAKAN BRT DI KOTA PALEMBANG

Dian Nur 'afalia, Ketut Dewi Martha Erli Handayeni
Submission Date: 2017-07-27 09:29:26
Accepted Date: 2018-01-09 21:27:33

Abstract


Kota Palembang merupakan salah satu kota berkembang dengan permasalahan transportasi yang cukup besar. Salah satu wilayah dengan permasalahan transportasi adalah Kecamatan Alang-Alang Lebar. Kecamatan Alang-Alang Lebar berdasarkan fisik dan lokasi diidentifikasi sebagai kawasan pinnggiran Kota Palembang. Permasalahan transportasi di wilayah pinggiran adalah peningkatan penggunaan kendaraan pribadi menuju pusat Kota Palembang. Dari permasalahan tersebut terdapat potensi penggunaan BRT dari wilayah pinggiran. Untuk itu, perlu diketahui keterkaitan antara potensi penggunaan BRT dengan karakteristik masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi. Penelitian ini menggunakan metode analisa Crosstab dengan melihat keterkaitan antara karakteristik pergerakan yaitu asal pergerakan, maksud pergerakan, jarak perjalanan dan moda yang digunakan dengan kesediaan masyarakat menggunakan BRT. penelitian menunjukan bahwa  bahwa tidak ada keterkaitan antara asal pergerakan, maksud pergerakan dan moda yang digunakan dengan kesediaan masyarakat menggunakan BRT. Kesediaan menggunakan BRT memiliki keterkaitan yang signifikan dengan karakteristik lama perjalanan dari wilayah pinggiran menuju pusat kota..


Keywords


karakteristik pergerakan, Crosstab.

References


Adisasmita, S. A. (2011). Transportasi dan Pengembangan Wilayah . Yogyakarta: Graha Ilmu

Joni Arliansyah, Sukarman . (2013). Analisis Feeder system Menuju Halte II Transmusi Koridor VI Kota Palembang. Retrieved from download.portalgaruda.org/article.php?article=89923&val=4006

Yudhaprawira, R. (2014). Studi Pengadaan Park and Ride di Terminal Alang-Alang Lebar Kota Palembang. Retrieved from jurnal.unej.ac.id

Miro, F. (2012). Pengantar Sistem Transportasi. Jakarta: Erlangga.

Keputusan Walikota Palembang No 255/KPTS/DIS PU BM-PSDA/2015 Tentang Penetapan Ruas Jalan Sebagai Jalan Kota

} Sugiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Jakata:Alfabeta


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung