Pengolahan Limbah Domestik Menggunakan Moving Bed Biofilm Reactor (MBBR) dengan Proses Aerobik-Anoksik untuk Menurunkan Konsentrasi Senyawa Organik dan Nitrogen

Ana Anisa, Welly Herumurti
Submission Date: 2017-07-27 12:11:40
Accepted Date: 2017-09-28 00:00:00

Abstract


Limbah domestik memiliki kandungan organik, ammonium, nitrat yang tinggi dan dapat menyebabkan pencemaran jika langsung dibuang ke badan air. Sehingga diperlukan pengolahan terhadap limbah agar memenuhi kualitas baku mutu yang berlaku. Salah satu pengolahan limbah adalah dengan melalui proses pengolahan biologis yang dilakukan dengan memanfaatkan mikroorganisme untuk mendegradasi polutan. Salah satu unit pengolahan secara biologis yang sudah umum digunakan adalah Moving Bed Biofilm Reactor (MBBR). Media biofilm yang digunakan dalam penelitian ini adalah media kaldness (K1).

 

Dalam pelaksanaan penelitian ini, digunakan limbah yang berasal dari unit ABR Jurusan Teknik Lingkungan ITS dengan variasi konsentrasi COD sesuai dengan konsentrasi yang berasal dari inlet dan outlet unit ABR guna menguji kemampuan MBBR dalam mengolah limbah domestik dengan beban organik yang berbeda-beda. Variasi konsentrasi COD yang digunakan adalah konsentrasi low (130 – 170)  mg/L ; konsentrasi medium (270 – 310) mg/L dan konsentarsi high (370 – 460)  mg/L. Selama berlangsungnya penelitian, unit ini dijalankan dengan durasi proses aerobik–anoksik yang berbeda pada masing–masing reaktor dengan tujuan menentukan waktu durasi pengolahan aerobik dan anoksik yang paling optimal. Reaktor terbuat dari pipa PVC dengan volume pengolahan sebanyak 5 L. Parameter yang digunakan adalah COD, ammonium-nitrogen, nitrat-nitrogen, nitrit-nitrogen, BOD, pH, DO, MLSS, MLVSS. Berdasarkan hasil analisis terlihat bahwa MBBR dengan media kaldness mampu menurunkan kandungan organik sebesar 81,4%; BOD sebesar 83,6%; ammonium-nitrogen sebesar 92,8%; nitrat-nitrogen sebesar 66,4% dan nitrit-nitrogen sebesar 99,7%. Selain itu, durasi pengolahan limbah dengan hasil optimum dicapai pada reaktor dengan durasi pengolahan aerobik selama 31,5 jam dan anoksik selama 13,5 jam.

Keywords


amonium; COD; limbah domestik; Moving Bed Biofilm Reactor (MBBR); nitrat

References