Keterkaitan Karakteristik Pelajar & Perjalanannya Terhadap Kesediaan Menggunakan Bus Sekolah Di Surabaya

Shofia Ermirasari, Ketut Dewi Martha Erli Handayeni
Submission Date: 2017-07-27 13:34:22
Accepted Date: 2018-01-09 21:27:33

Abstract


Bangkitan dan tarikan lalu lintas tata guna lahan, khususnya pada kawasan pendidikan, merupakan salah satu kegiatan yang sering menyebabkan terjadinya kemacetan lalu lintas. Penggunaan kendaraan pribadi sebagai moda menuju ke sekolah masih dominan di Kota Surabaya. Bus sekolah sebagai strategi Transport Demand Management (TDM) memberikan salah satu solusi untuk mengurangi kemacetan. Kecenderungan para pelajar menggunakan kendaraan pribadi sebagai moda menuju sekolah menunjukkan adanya faktor-faktor yang mempengaruhi pelajar dalam pemilihan moda menuju sekolah. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu kajian yang mengidentifikasi karakteristik pelajar dan perjalanannya terhadap kesediaannya menggunakan bus sekolah di Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan metode analisis Crosstab. Dalam metode analisis Crosstab, karakteristik pelajar dan perjalanannya menuju sekolah akan disilangkan terhadap kesediaannya menggunakan bus sekolah, Dari hasil studi menunjukkan bahwa kesediaan menggunakan bus sekolah memiliki keterkaitan yang signifikan dengan kepemilikan kendaraan dengan nilai signifikansi sebesar 0,081 dan nilai keterkaitan sebesar 0,209 yang berarti memiliki keterkaitan yang rendah. Pemilihan bus sekolah sebagai angkutan menuju sekolah di Surabaya, besar dipengaruhi oleh penyediaan atribut pelayanan yang lebih baik dibanding angkutan pribadi.

Keywords


Bus Sekolah; Analisis Crosstab; Atribut Pelayanan Bus Sekolah

References


E.K. Morlok, 1984. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi, Penerbit Erlangga, Jakarta.

M. Nur Nasution dalam Herry Judhi Pratikno (2006), Analisis Penggunaan Angkutan Penumpang Umum, Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro, Semarang.

Surabaya dalam Angka (2016), Badan Pusat Statistika Kota Surabaya, Surabaya

Wijaya dan Dinanti (2015). Jurnal Studi Evaluasi Pengoperasian Bus Sekolah Gratis di Kota Blitar.

Dinas Perhubungan Kota Surabaya (2016) Studi permodelan transportasi

Comsis Corporation (1993) dalam Rahman, Syed Masiur and Al-Ahmadi, M. Hasan (2010), Evaluation of Transportation Demand Management (TDM) Strategies and Its Prospect in Saudi Arabia, Vol. 4 No.2.

Ferguson, erik (2000). Travel Demand Management and Public Policy, Ashgate, USA.

Misch dan Margolin (1981); Clarke dan Freilich, (1987) diambil dari Ferguson, erik (2000). Travel Demand Management, Ashgate, USA.

Tangkudung, Ellen S.W. (2014). The 17th FSTPT International Symposium, Jurnal Bus Sekolah: Tinjauan Layanan dan Keselamatan.

Widyastuti, Hera; Herijanto, Wahju dan Sekartadji, Ratih (2015), Rekayasa Infrastruktur Transportasi, Jurnal Studi Demand and Supply Bus Sekolah untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama dan Atas di Area Jalan Wijaya Kusuma.

PT. Pamintori Cipta, (2007), dalam Prayudyanto, Muhammad Nanang dan Tamin, Ofyar Z. (2009), Mode Shift Travel Demand Management Evaluation From Jakarta’s Experience, Journal Proceedings of the Eastern Asia Society for Transportation Studies, Vol.7, 2009.

Surabaya, Dinas Perhubungan Kota (2017). Jadwal Bus Sekolah. Diambil kembali dari e-dishub dinas perhubungan kota surabaya: http://dishub.surabaya.go.id/index.php/post/id/1844


Full Text: PDF

CC Licencing


Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Teknik ITS by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, LPPM-ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ejurnal.its.ac.id/index.php/teknik.
Statistik Pengunjung