Analisis Stabilitas dan Kekuatan Pengait Bak Angkut Kendaraan Multiguna Pedesaan

Alfian Rafi Harsyawina, I Nyoman Sutantra
Submission Date: 2017-08-02 09:18:06
Accepted Date: 2017-09-17 00:00:00

Abstract


Penggunaan material yang lebih ringan tentunya akan membuat berat kendaraan menjadi berkurang yang akan menyebabkan efisiensi energi yang digunakan akan meningkat. Demikian juga pada penelitian pada kendaraan multiguna pedesaan, untuk melanjutkan penelitian terdahulu maka akan diaplikasikan penggunaan material body carbon fiber. Namun dalam perkembangan teknologi otomotif tentunya tidak boleh melupakan keselamatan dari pengemudi dan penumpang dari kendaraan. Oleh sebab itu, perlu dilakukan analisis stabilitas arah belok dan kekuatan bak aagnkut kendaraan multiguna pedesaan dengan penggunaan material body carbon fiber. Analisis stabilitas dilakukan untuk mengetahui perilaku arah belok kendaraan yang terbagi menjadi tiga, yaitu understeer, oversteer, dan netral. Ketiga perilaku kendaraan tersebut dapat diketahui dengan melakukan beberapa analisis seperti analisis slip, skid, dan guling. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa kendaraan multiguna pedesaan bermuatan penumpang paling stabil pada layout CG 1 (Lf=1,46 dan Lr=1,13) atau 56,37% wheelbase dari depan. Berdasarkan analisa slip, nilai Koefisien understeer menunjukkan bahwa kendaraan lebih stabil saat melintasi sudut kemiringan melintang jalan 5° dan 10°. Lalu pada kondisi percepatan lurus, pengereman lurus, dan percepatan belok pengait bak angkut masih dalam keadaan aman sehingga mampu menahan beban yang diterima dari bak angkut.

Keywords


understeer; oversteer; slip; skid; Kus.

References